1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Mau Berbisnis Hewan Kurban? Ini Strategi Tepat Menjalankannya

Hal itu karena peternak bisa meraup sejumlah untung dari bisnis menual hewan kurban. Bukan hanya permintaan pasar yang melonjak, tapi juga....

By Dian Rosalina 25 Agustus 2016 13:10
Peternak yang ingin menjual ternaknya untuk Idul Adha (Merdeka.com)

Money.id - Hari raya Idul Adha akan segera tiba, tentu para hewan kurban mulai dijajakan di pinggir jalan. Umumnya hewan yang dikurbankan adalah sapi, kambing, atau kerbau.

Bagi peternak hewan, momen Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnnya.

Hal itu karena peternak bisa meraup sejumlah untung dari bisnis menjual hewan kurban. Bukan hanya permintaan pasar yang melonjak, tapi juga harga jual hewan kurban yang juga naik.

Nah momen ini bisa menjadi ide bisnis Anda, apalagi peluang pasar hewan kurban tergolong bagus dan menjanjikan keuntungan tinggi seiring dengan tingginya permintaan pasar saat Idul Adha.

Bagi Anda yang berminat berbisnis hewan kurban, baiknya Anda intip tips berikut ini yang dikutip dari Cermati.com, Kamis 25 Agustus 2016 sebelum memulai bisnis ini. Simak strateginya.

Pahami Seluk Beluk Hewan Kurban

Walau terkesan mudah, hanya berhubungan dengan hewan ternak, namun untuk dijual kembali menjadi hewan kurban, Anda harus mengetahui seluk beluk hewan-hewan tersebut sebelum Anda menjualnya.

Misalnya dari sisi kesehatan, pastikan hewan kurban yang Anda jual adalah hewan yang layak dan sehat secara fisik serta memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

Tentukan Modal dan Jenis Hewan

Setelah memahami secara baik hewan yang layak dijual untuk kurban, Anda harus menentukan jenis hewan yang akan Anda jual dan berapa modal yang Anda miliki. Jenis hewat berkaitan dengan jumlah modal usaha yang Anda siapkan.

Apakah modal Anda sanggung untuk berjualan sapi yang harga perekornya mencapai Rp15 juta. Jika Anda memilih berjualan hewan kurban sapi, maka modal yang dibutuhkan jauh lebih besar dibandingkan dengan hewan kurban kambing yang harga perekornya seharga Rp2 juta.

Siapkan Modal, Tempat, dan Pakan Ternak

Berbisnis tentu saja memerlukan modal yang tidak sediki, apalagi berbisnis hewan kurba. Modal yang dibutuhkan termasuk hitungan untuk pembelian hewan, persediaan kandang/tempat penampungan sementara, pakan, dan perawatan hewan kurban.

Lakukan perhitungan modal dengan baik. Lakukan pembelian hewan jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik, dan harga yang jauh lebih murah. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki tenaga dan persediaan yang tepat bagi hewan kurban yang akan Anda jual kembali.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk berbisnis hewan ternak, klik link berikut ini.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section