1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Alasan Mengapa Kita Bisa Tanpa Sadar Terlalu Sering Belanja

Ada beberapa penyebab mengapa kita suka 'kelepasan' dalam berbelanja dan menjadi boros.

By Dwifantya Aquina 22 Agustus 2016 12:04
Suka belanja tapi malah jadi boros? Ada penyebabnya tuh! (theamericangenius.com)

Money.id - Pernahkah kamu atau kenalanmu yang merasa sering berbelanja barang atau jasa yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan? Meskipun sudah mencoba untuk menahan keinginan belanja, anehnya tetap saja bisa ‘jebol’ juga dan melayanglah uang beberapa puluh atau ratusan ribu demi memuaskan hasrat belanja.

Untuk bisa mengatasi kondisi tersebut, kamu tentu perlu mengenali dulu beberapa kemungkinan penyebabnya. Simak alasan-alasan mengapa kamu bisa keseringan belanja tanpa disadari berikut ini:

1. Terpengaruh gaya hidup teman-teman

Pengeluaran seseorang juga dapat dipengaruhi secara signifikan oleh gaya hidup dari teman-teman dekat kamu. Bagi sebagian orang, agar mereka dapat ‘diterima’ di kelompok pergaulannya, mereka perlu mengikuti gaya hidup dari kelompok pergaulan tersebut. Misalnya, jika kamu seorang ibu yang tergabung dalam kelompok ibu-ibu sosialita pengoleksi tas mewah, maka ada kecenderungan untuk ikut mereka membeli berbagai tas mewah agar ‘diakui’ di dalam kelompok tersebut.

Untuk mengatasinya hal ini, kamu bisa memilih untuk pelan-pelan menjauhkan diri dari kelompok pergaulan semacam itu (jika kamu memang tidak nyaman berada dalam kelompok tersebut). Atau, kamu bisa tetap mencoba bertahan tidak mengikuti gaya hidup mereka untuk menguji apakah teman-teman kamu hanya memandang kamu dari sisi materi atau tidak. Teman-teman yang baik tidak akan memedulikan materi dan status sosial kamu.

Baca juga: 4 Pelajaran Keuangan Berharga dari Olimpiade Rio 2016!

2. Ingin ‘unjuk diri’ kepada lingkungan sekitar

Alasan yang satu ini masih agak serupa dari alasan sebelumnya, meski bukan teman-teman kamu secara langsung. Bagi kamu yang pada dasarnya hidup pas-pasan dan mendambakan hidup mewah, akan mudah sekali bagi kamu untuk tergoda menampilkan diri sebagai orang ‘kaya’ jika melihat tetangga atau rekan kerja berpenampilan mewah.

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah membaca kisah hidup berbagai orang sukses. Mengapa? Sebab kamu dapat belajar dari cara hidup mereka. Sebagian orang yang sukses secara finansial belajar menahan diri mereka untuk tidak mudah tergoda oleh kekayaan dan status sosial. Carilah idola yang sukses secara finansial dan terapkan prinsip hidup mereka pada dirimu untuk belajar menahan godaan membeli barang yang tidak digunakan.

3. Memiliki sifat belanja impulsif

Sifat impulsif merupakan suatu bentuk dorongan mengeluarkan uang untuk membeli barang yang dianggap menarik perhatian kita sesaat. Pada saat rasa impulsif itu muncul, kita dapat menjadi ‘buta’ sesaat untuk membedakan apakah barang yang akan kita beli itu benar-benar kita perlukan atau tidak.

Untuk mengatasinya, ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan. Contohnya, hindari berlangganan email promosi dari situs-situs belanja. Atau, biasakan untuk membawa uang secukupnya saja di dompet dan jangan membawa banyak kartu debit atau kredit sehari-hari.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Pengajuan KTA yang Mudah Dilakukan Siapa Saja!

4. Belanja dijadikan ajang pelampiasan stres

Pada saat seseorang berada dalam kondisi stres atau sangat sedih, orang tersebut akan lebih sulit untuk berpikir jernih. Akibatnya, kalau kamu berada dalam kondisi tersebut dan memilih untuk berjalan-jalan di mal sambil melewati banyak toko dengan spanduk diskon bertebaran di mana-mana, maka keinginan belanja kamu akan mudah untuk didorong.

Sebaiknya, saat kamu sedang berada dalam kondisi stres atau sangat sedih, hindari pergi berjalan-jalan melewati tempat yang berpotensi menarik keinginan belanja kamu. Kamu bisa memilih untuk diam di rumah dan mengundang teman atau bermain game untuk meredakan stres.

Baca juga: 5 Macam Kebiasaan Boros yang Tidak Disadari Sehari-Hari

Jangan lupa untuk memanfaatkan prinsip hidup hemat agar kamu tidak mudah boros. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berhemat adalah dengan menggunakan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti cashback atau reward point agar lebih hemat saat belanja barang sesuai kebutuhan kamu.

Kalau kamu sedang mencari kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu, maka gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar lebih mudah melakukannya.

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section