1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Cara Berpikir Positif untuk Bantu Kamu Berhemat Sehari-Hari

Gaya hidup hemat dapat membuat masa depan Anda sejahtera.

By Dwifantya Aquina 23 Agustus 2016 09:01
Gaya hidup hemat (blog.credit.com)

Money.id - Salah satu jalan untuk bertahan hidup sehari-hari adalah dengan menerapkan perilaku hidup hemat. Kamu mungkin sering mendengar banyak tips hidup hemat seperti banyak minum air putih untuk menggantikan minum kopi dan sebagainya. Namun, kenyataannya kita sering kesulitan untuk benar-benar menerapkan tips hidup hemat tersebut.

Jika kita bisa berpikir positif dan menerapkan pola berpikir yang tepat, maka tips hidup hemat apapun dapat kita terapkan dengan mudah. Coba simak 4 macam cara berpikir positif tersebut:

1. Hitung jumlah pemborosan disetahunkan

Pola pikir berhemat lain yang ampuh adalah dengan menyetahunkan pengeluaran kamu. Sering sekali karena dirasa ‘kecil’, kamu dengan mudahnya membuang uang kamu. Contohnya, kamu nongkrong tiap hari kerja di kafe dan mengeluarkan uang Rp 30 ribu. Mungkin sepintas sedikit, tapi coba setahunkan pengeluaran tersebut (12 bulan * 20 hari kerja * Rp 30 ribu = Rp 7,2 juta).

Dengan Rp 7,2 juta per tahun, kamu sudah nyaris bisa membeli satu smartphone high-end.

Baca juga: 5 Macam Kebiasaan Boros yang Tidak Disadari Sehari-Hari

2. Coba hitung berapa ‘harga kamu’ per jamnya

Kalau kamu mengetahui berapa ‘harga’ kamu dibayar setiap jam-nya, kamu akan berpikir dua kali saat mengeluarkan uang untuk belanja yang tidak penting. Misalnya, gaji kamu Rp 5 juta per bulan. Anggaplah hari kerja 20 hari per bulan, maka ‘harga’ kamu per hari adalah Rp 250 ribu. Jika 1 hari terdiri dari 8 jam kerja, maka ‘harga’ kamu sekitar Rp 30 ribu per hari.

Nah, relakah kamu membuang beberapa jam kerja jerih payah kamu untuk belanja baju bagus yang tidak perlu dibeli setiap minggu?

Baca juga: 5 Tips dan Cara Pengajuan KTA yang Mudah Dilakukan Siapa Saja!

3. Berikan suatu makna dalam pengeluaran yang kamu lakukan

Saat mengeluarkan uang, cobalah berhenti sejenak untuk berpikir, apa sih yang kamu sungguh-sungguh dapatkan dari membeli barang atau jasa tersebut? Ketika kamu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak berguna, kamu akan mudah lupa akan terjadinya pengeluaran tersebut dan ujungnya jadi boros.

Membayar Rp 1 juta untuk makan malam romantis merayakan ulang tahun pasangan akan lebih terkesan dan membawa manfaat dibandingkan mengeluarkan Rp 400 ribu per minggu untuk beli baju baru yang jarang dipakai.

4. Gunakan cara berpikir ‘terbalik’ saat berhemat

Secara psikologis, orang lebih senang saat ‘mendapatkan’ sesuatu yang berharga daripada ‘menyimpan’ apa yang sudah dimilikinya. Nah, coba kamu gunakan trik psikologis untuk pola pikirmu sendiri. Daripada kamu berpikir dapat ‘menyimpan’ Rp 1 juta per tahun dengan berhenti merokok, ubahlah menjadi kamu ‘mendapatkan’ bonus Rp 1 juta di akhir tahun karena berhenti merokok. Lama-lama kamu akan merasa lebih senang dan semangat untuk berhemat karena kamu ‘mendapat’ bonus, bukan ‘menyimpan’ uang.

Baca juga: 4 Pelajaran Keuangan Berharga dari Olimpiade Rio 2016!

Jika kamu sudah bisa menguasai pola pikir hemat yang baik, kamu bisa coba mencari berbagai tips hemat yang mudah dilakukan sehari-hari dan tidak mempengaruhi gaya hidup kamu. Salah satunya adalah menggunakan kartu kredit dan memanfaatkan promo diskon atau casback hanya pada transaksi yang menjadi kebutuhan kamu sehari-hari. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section