1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

5 Cara 'Menghabiskan' Uang Ini Akan Membuat Anda Bahagia

Anda masih bisa mendapatkan kebahagiaan melalui uang jika Anda memiliki strategi yang tepat.

By Arry Anggadha 2 November 2015 11:07
Ilustrasi Uang (Foto: Setkab.go.id)

Money.id - Pepatah lama selalu mengatakan uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Banyak orang yang merasa depresi atau tidak bahagia meski kaya dengan uang.

Namun pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda masih bisa mendapatkan kebahagiaan melalui uang jika Anda memiliki strategi yang tepat.

Berikut adalah cara membelanjakan uang agar Anda semakin bahagia.

1. Jangan selalu membelanjakan uang dalam bentuk barang
Dan Gilbert, profesor psikologi Harvard University dan penulis Stumbling on Happiness, mengatakan untuk mencapai kebahagiaan, Anda sesekali menghabiskan uang untuk merasakan pengalaman hidup daripada menghamburkannya untuk hal-hal bersifat materi.

Masalahnya, meski hal-hal bersifat materi harganya mahal dan bentuknya indah, akan cenderung kehilangan nilainya setelah beberapa waktu.

Kenangan dan pengalaman indah adalah 'barang' yang tidak pernah terlupakan dan memudar. Dalam sebuah survei, Gilbert menemukan bahwa 57% responden melaporkan lebih bahagia setelah menghabiskan uang untuk merasakan pengalaman hidup. Hanya 34% yang mengatakan perasaan yang sama saat membeli hal-hal yang bersifat materi.


2. Membelanjakan uang untuk hal lain
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun ini, peneliti Harvard University melakukan percobaan dan menemukan bahwa menghabiskan uang untuk hal lain (disebut belanja "prososial" dalam jargon akademis) meningkatkan tingkat kesehatan emosional dan fisik seseorang.

"Manfaat dari belanja prososial ... memperpanjang tidak hanya kesejahteraan subjektif tapi kesehatan objektif," kata peneliti.


3. Membelanjakan uang untuk kesenangan kecil
Karena kaya, Anda biasanya hobi mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk belanja. Cobalah sesekali membelanjakan uang untuk kesenangan kecil yang biaya atau harganya murah. Hal ini akan menciptakan perasaan bahagia.

Masalahnya, ketika Anda terbiasa mengeluarkan uang banyak untuk sesuatu yang mewah, maka akan menjadi tidak ada artinya. Anda terbiasa untuk melakukan itu dari waktu ke waktu dan hanya menjadi kebiasaan yang membosankan.

"Membelanjakan uang untuk kesenangan kecil yang murah adalah cara cerdas untuk mendapatkan kebahagiaan," sebuah artikel Business Insider baru-baru ini mengatakan.


4. Membeli apa saja yang disukai
"Ada banyak alasan seseorang mungkin membeli sesuatu ... tetapi jika alasannya adalah untuk memaksimalkan kebahagiaan, hal terbaik untuk orang itu adalah membeli pengalaman hidup yang sesuai dengan kepribadiannya," Ryan Howell, seorang profesor psikologi asosiasi San Francisco State University, mengatakan kepada Forbes.

Howell baru-baru turut menulis penelitian yang menemukan bahwa ketika orang menghabiskan uang hanya untuk tujuan tertentu, maka uang tidak akan membawa kebahagiaan.



5. Menghabiskan uang bersama orang lain
Anda mungkin berpikir dengan menghabiskan uang untuk hal atau aktivitas yang Anda lakukan sendiri akan membuat Anda bahagia. Tapi sebuah penelitian terbaru di Psychological Science mengatakan bahwa hal ini bisa menjadi bumerang.

"Tidak berbagi pengalaman luar biasa justru membuat Anda menjadi berbeda dari orang lain dan dalam interaksi sosial akan dijauhi," kata Gus Cooney, asisten peneliti Harvard University dan penulis utama studi tersebut.

Melakukan hal-hal dengan teman-teman atau keluarga, bahkan jika itu tidak menyenangkan, membuat Anda bahagia karena menumbuhkan rasa kebersamaan dan hubungan dengan orang lain. "Sementara orang yang tidak berbagi pengalaman yang luar biasa akan kesulitan untuk menyesuaikan diri," kata Cooney kepada The Atlantic.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section