1. HOME
  2. FASHION-BIZ
TIPS FASHION

Tips Merawat Batik dan Tenun

Agar kain-kain kesayangan Anda 'abadi' saat mencuci usahakan tidak menggunakan detergen atau cukup dengan sabun yang lembut.

By Stella Maris 4 Oktober 2015 09:35
Tenun khas NTT (tenuntimor.blogspot.com).

Money.id - Batik dan tenun merupakan kain khas Indonesia yang unik karena mendapat pewarnaan dari bahan-bahan alami bukan sintetis. Nah dalam perawatannya, kain-kain tersebut harus mendapat perlakuan khusus.

"Kain batik dan tenun adalah hasil karya tangan manusia. Bila tidak benar merawatnya akan mengurangi estetika dari kain tersebut," jelas Ketua Pekumpulan Warna Alam Indoesia (Warlami) Myra Widiono kepada Money.id.

Agar kain-kain kesayangan Anda 'abadi,' usahakan tidak menggunakan detergen saat mencuci. Gunakanlah cairan khusus yang dapat dibeli di galeri pakaian batik dan tenun.

"Saat mencuci cukup dengan sabun yang lembut, tanpa banyak busa dan dikucek," kata Myra. Setelah itu, kain batik dan tenun cukup dijemur dengan cara diangin-anginkan. Jangan jemur di bawah matahari langsung.

Lalu apalagi? Myra memberikan tips seputar kain batik dan tenun berikut ini:

1. Jangan dilipat
Baju-baju Anda di lemari mungkin sebagian besar dilipat. Tetapi jangan pernah melipat kain batik atau tenun Anda, karena akan menimbulkan garis. Cara yang tepat adalah menggulung kain-kain tersebut.

2. Jangan sering dicuci
Apakah kain batik dan tenun Anda warnanya cepat pudar? Mungkin karena Anda terlalu sering mencucinya. Cara yang tepat cukup angin-anginkan saja jika tidak sering digunakan.

3. Simpan di tempat yang benar
Kain batik dan tenun adalah kain yang berasal dari kualitas terbaik. Oleh karena itu penyimpanannya juga harus di tempat yang benar. Simpanlah kain tersebut di tempat yang lembab, cukup ventilasi udara, dalam suhu ruangan, agar kualitas bahan tetap terjaga, dan tidak cepat rusak.

Laporan: Dian Rosalina

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section