1. HOME
  2. FASHION-BIZ

Beli Baju di Toko Online, Baca Dulu Tipsnya

Sekali klik, barang-barang yang Anda butuhkan langsung ada di depan mata

By Ita Malau 17 September 2015 19:07
online shoping

Money.id - Dunia maya tak hanya menawarkan pertemanan yang tiada batas, tapi juga toko berbagai macam produk, termasuk baju. Ya, sekali klik, barang-barang yang Anda butuhkan langsung di depan mata.

Meski kita bisa memilih dengan bebas baju atau celana mana yang kita sukai, toko online memiliki kelemahan. Kita tidak bisa memastikan seperti bahan pakaian dan apakah kebesaran atau tidak di tubuh kita.

Selain itu, kita juga harus mewaspadai dan bisa membedakan penipu dengan penjual. Maklum saja, toko online memang tengah menjamur karena diminati pembeli.

Agar tidak gagal dalam memilih barang, berikut beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Teliti dan baca
Ini memang wajib Anda lakukan saat berselancar di toko online. Meski baju yang Anda sukai murah, tapi jika bahannya tidak nyaman, lebih baik pikir dua kali deh.

Toko online biasanya menyediakan informasi mengenai baju tersebut, mulai dari harga, bahan, estimasi pengiriman, hingga ukuran.

Sebagai informasi, ada beberapa bahan yang nyaman untuk dipakai di wilayah Indonesia yang tropis dan cenderung bikin gerah. Katun, spandeks, viscose, dan lain sebagainya.

Sementara bahan baju yang cenderung panas dan tidak menyerap keringat antara lain: rayon, wol, silk, dan nilon.

3. Kritis
Ya, membeli baju di online shop pun perlu kritis loh. Anda harus curiga ketika sebuah toko online menawarkan baju impor dengan harga yang benar-benar miring, bahkan lebih murah dari baju lokal berbahan jelek.

Biasanya, baju impor dengan kualitas ciamik dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah. Ingat slogan: ada harga, ada rupa!

Pastikan juga bahwa barang yang akan Anda beli, sama persis dengan foto yang dipajang toko online tersebut. Sebab, ada saja penjual nakal yang memajang foto baju yang keren, tapi kemudian mengirim barang dengan warna, jahitan dan bahan yang kualitasnya jauh dari foto asli.

Berbelanjalah di toko online yang sudah teruji kredibilitas dan kualitas pelayanannya agar Anda tidak dirugikan.

4. Baca testimoni
Hal ini penting Anda lakukan ketika menemukan sebuah toko online yang baru atau belum Anda kenali. Dari testimoni pembeli sebelumnya, Anda bisa menilai seperti apa kualitas dan kredibilitas toko online tersebut.                       
Satu lagi, baca juga kebijakan toko! Mulai dari proses pembayaran, biaya pengiriman, garansi, dan apakah ada jaminan barang bisa dikembalikan jika rusak, dan sebagainya.

5. Bedakan penjual dan penipu
Ini adalah hal yang sangat penting Anda perhatikan agar tidak tertipu. Anda tidak mau kan, uang sudah ditransfer, tapi barang tidak sampai.

Ada beberapa panduan yang Anda bisa gunakan untuk membedakan mana toko online yang benar dengan penipu. Pertama, penipu biasanya tidak menerima cash on delivery atau bayar di tempat. Jika ada toko yang bersedia bayar di tempat, Anda bisa tenang untuk bertansaksi.

Kedua, Anda juga perlu waspada ketika toko online itu menawarkan harga yang murahnya tidak masuk akal. Ketiga, Anda juga perlu mencurigai toko online di jejaring sosial dengan follower yang sedikit, padahal sudah buka cukup lama.

Jika semua tips di atas sudah Anda lalu, silakan bertransaksi. Ingat, simpan ya bukti transfernya untuk jaga-jaga (berbagai sumber)

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section