1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Industri Fast-fashion, Pusat Pebisnis Terkaya di Dunia

Bisnis fast-fashion seperti H&M, Uniqlo hingga Zara mampu menghasilkan pendapatan triliunan rupiah bagi pemiliknya.

By Azalia Amadea 18 Agustus 2016 09:02
H&M (qz.com)

Money.id - Mungkin selama ini banyak yang berpikir, bidang industri yang mungkin mendatangkan kekayaan berlimpah bagi seorang pebisnis adalah bisnis di bidang teknologi atau perminyakan.

Padahal, bidang lain seperti industri pakaian, terutama pakaian berharga murah, ternyata dapat membuat seorang pebisnis masuk dalam deretan orang terkaya di dunia.

Stefan Persson yang menjadi chairman label pakaian H&M misalnya, adalah orang terkaya di Swedia, dengan kekayaan pribadi mencapai US$20,2 miliar (Rp262 triliun) per 1 Agustus 2016, megutip laman qz.com, Kamis 18 Agustus 2016.

Anda mungkin mengira orang terkaya di Jepang berasal dari industri otomotif atau elektronik, ternyata dugaan tersebut salah.

Misalnya saja Tadashi Yanai, pendiri Fast Retailing Co, adalah orang terkaya di Jepang yang dengan perusahaannya mampu menguasai pasar pakaian dengan merek Uniqlo sebesar 80 persen. Forbes melaporkan dia dan keluarganya memiliki kekayaan US$17,1 miliar (Rp223 triliun) per 1 Agustus 2016.

Kemudian, Amancio Ortega, adalah pendiri Inditex yang merupakan perusahaan induk dari jaringan toko pakaian Zara. Dia tidak hanya yang terkaya di Spanyol, namun juga di seluruh Eropa. Kekayaannya mencapai US$75,1 miliar (Rp982 triliun) per 1 Agustus 2016. Forbes bahkan menempatkannya di urutan kedua dalam daftar orang paling kaya 2016.

Setelah itu ada keluarga Brenninkmeijer yang memiliki label fast-fashion C&A yang menurut laporan Forbes adalah yang terkaya di Belanda.

Industri pakaian memang selalu akan menjadi besar, tapi kekayaan yang dibuat oleh perusahaan label di atas cukup mengejutkan. Semuanya menjual pakaian dengan harga terjangkau namun tetap sesuai dengan perkembangan zaman dan bahkan mampu menghasil pundi-pundi uang yang berlimpah bagi pemiliknya. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section