1. HOME
  2. DIGITAL
TEKNOLOGI

Sudah Ketinggalan Zaman, Teknologi Ini Masih Digunakan

Ini teknologi yang masih digunakan atau sebagian sudah tergantikan oleh teknologi yang lebih baru dan canggih.

By Nur Chandra Laksana 29 November 2015 12:17
Disket (floppy disk)/iStock

Money.id - Sony baru-baru ini mengumumkan akan berhenti membuat kaset Betamax. Banyak yang terkejut karena format penyimpanan video itu masih digunakan di Jepang. Tetapi itu bukan satu-satunya teknologi 'retro' yang masih digunakan.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam beberapa dekade membuat banyak hal bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Bahkan teknologi yang dulu sering kita gunakan dalam berbagai aktivitas sekarang sudah bisa dan bahkan tergantikan oleh yang lebih canggih.

Seperti dikutip dari bbc.com Minggu 29 NOvember 2015, berikut ini beberapa teknologi yang masih digunakan atau sebagian sudah tergantikan oleh teknologi yang lebih baru dan canggih.

Disket (floppy disk)

Bagi yang mulai 'komputeran' tahun 1990-an pasti mengenal alat perekam data yang bernama floppy disk atau dulu sering disebut 'disket'.

Jika dibandingkan dengan flashdisk saat ini, daya tampung disket bisa dikatakan hanya seujung kuku.

Daya tampung paling 'lega' dari disket saat itu adalah 1,44 megabita, sementara flashdisk bisa sampai 128 gigabita.

Teknologi ini hadir sebelum ada compact disc (CD), flashdisk, dan tentu saja yang mulai tren, penyimpanan data di awan (cloud storage).

Mesin faks

Kemunculan surat elektronik (surel/email) dan pemindai dokumen (scanner) telah menyusutkan fungsi mesin faks yang sedari dulu merajai dunia kirim-mengirim dokumen.

Namun teknologi yang ditemukan pada 1842 ini masih umum dijumpai di Jepang yang mulai populer digunakan pada 1970-an.

Kepopuleran mesin faks di Jepang terpengaruh oleh sistem penulisan huruf Jepang yang memiliki ribuan karakter. Sehingga mesin faks dianggap sebagai cara yang lebih nyaman dalam pertukaran dokumen formal.

Beberapa perusahaan di dunia hingga kini bahkan masih menggunakan mesin faks untuk menjamin keaslian dokumen resmi atau sertifikat.

Telepon seluler (ponsel)

Penjualan smartphone di seluruh dunia telah melampaui ponsel (telepon genggam dengan fungsi yang lebih terbatas dibandingkan dengan iOS atau Android) selama beberapa tahun.

Namun di negara-negara sub-Sahara Afrika ponsel masih merajai di sana. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Pew Research awal tahun ini menemukan bahwa smartphone belum menjadi populer di tujuh negara di benua itu.

Hal ini sebagian karena harga smartphone dan juga popularitas layanan perbankan seperti M-Pesa di Kenya dan Tanzania hanya membutuhkan fungsi SMS untuk operasi tertentu - seperti mentransfer uang.

Umumnya, mengirim pesan teks adalah kegiatan yang paling populer di ponsel di tujuh negara yang disurvei oleh Pew.

Sementara mengakses jaringan sosial atau melakukan aktivitas online yang lebih kompleks seperti melamar pekerjaan, misalnya, jauh lebih rendah.

Tabung pneumatik

Tabung pneumatik adalah sistem pengantar dokumen atau barang melalui tabung yang diberi aliran udara cepat untuk menggerakkannya.

Sistem ini biasanya dibangun dalam sebuah gedung untuk memudahkan pengiriman dokumen atau barang.

Tabung pneumatik diciptakan di awal 1800-an, namun masih dipakai oleh sejumlah besar rumah sakit di seluruh dunia. Rumah sakit di University College London adalah salah satu contohnya.

Alasannya adalah bahwa tabung dapat mengangkut tidak hanya dokumen, tetapi juga paket-paket obat-obatan atau sampel pasien dari satu bagian bangunan yang lain dengan sangat cepat. Kecepatan pengiriman melalui tabung pneumatik biasanya mencapai 7,5 meter per detik.

Windows XP

Pada tanggal 8 April 2014, Microsoft akhirnya menyudahi dukungan teknis untuk sistem operasi yang sangat populer Windows XP.

Ini berarti sistem operasi tersebut tidak lagi diperbarui terlepas dari masalah keamanan yang mungkin ditemukan di masa depan.

Biaya pembaruan (upgrade) ke sistem yang lebih tinggi tetap tidak terjangkau bagi banyak pengguna komputer sehingga mereka terus menjalankan sistem operasi ini di komputer mereka.

Tahun lalu, sebuah survei oleh perusahaan keamanan Kaspersky melaporkan hampir 40 persen pengguna di Vietnam masih menjalankan Windows XP.

Negara lain dengan jumlah pengguna Windows XP yang besar di antaranya Tiongkok, India, Aljazair dan beberapa negara lainnya.

Sedangkan di antara institusi resmi yang masih mengandalkan XP adalah Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy).

Padahal mereka sudah membayar miliaran dolar kepada Microsoft untuk hak istimewa terus menerima pembaruan keamanan untuk sistem operasi tersebut.

Mesin ketik

Tempat kelahiran mengetik bukanlah keyboard komputer, tetapi mesin tik. Meskipun mesin tik telah ada selama lebih dari 100 tahun, ada beberapa tempat yang mengejutkan di mana mesin ketik masih digunakan.

Departemen Kepolisian New York, misalnya. Namun pada Februari tahun ini, seorang anggota Kongres AS berharap meloloskan undang-undang yang melarang mesin ketik di kantor polisi.

Padahal mesin ketik masih sering digunakan untuk mengetik laporan. Terlebih lagi, direksi pemakaman di negara bagian AS tertentu memerlukan mesin ketik untuk mengetik surat kematian, menurut Wall Street Journal.

Bahkan ada sebuah perusahaan, berbasis di New Jersey Swintec, yang bersumpah akan tetap memproduksi mesin ketik. (poy)

 

(da/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section