1. HOME
  2. DIGITAL
TEKNOLOGI

Gather, Aplikasi Kencan Online Besutan `Arek Suroboyo`

Gather, layanan pencari calon pasangan bagi masyarakat Jakarta berdasarkan lingkaran teman di Facebook.

By Syahid 6 Oktober 2015 15:03
Ilustrasi aplikasi kencan online (huffingtonpost.com)

Money.id - Memang sulit menjadi jomblo di Jakarta. Kaum profesional muda terlalu disibukkan oleh pekerjaan, belum lagi harus menghadapi macetnya kota tiap hari. Mereka nyaris tidak punya waktu lagi untuk melakukan hal lain, termasuk pergi kencan dan mencari cinta. 

Gather, sebuah layanan pencari jodoh berbasis teknologi cloud kini telah hadir untuk membantu masyarakat Jakarta menjalin hubungan asmara. Aplikasi ini memiliki sebuah fitur canggih yang hanya dapat digunakan oleh pengguna di Jakarta. Kunci utamanya ialah akun Facebook pengguna.

Dengan Gather, masyarakat Jakarta dapat dijodohkan dengan orang-orang yang berada di dalam lingkaran teman Facebook mereka, termasuk lingkaran tingkat kedua dan ketiga (teman dari teman).

Gather sangat mudah digunakan. Setelah melakukan login menggunakan akun Facebook, pengguna dapat langsung mencari calon pasangan. Mereka dapat melihat informasi singkat pengguna lainnya yang diambil dari akun Facebook seperti foto profil, pekerjaan, serta kesamaan hobi dan teman.

Apabila keduanya saling menyukai, mereka akan dapat melihat profil masing-masing dan mulai berkirim pesan di dalam aplikasi.

Asmara berdasarkan lokasi

Gather juga menyediakan analisa berdasarkan lokasi. Menggunakan fitur ini, pengguna dapat mencari pasangan berdasarkan rutinitas perjalanan mereka di Jakarta.

Sebagai contoh, apabila dua pengguna Gather bertemu saat menaiki busway, keduanya bisa saling terhubung di Gather. Fitur ini bisa dibilang unik karena aplikasinya juga memberitahu kedua pengguna di mana dan kapan mereka berpapasan di dunia nyata.

"Ada banyak sekali yang bisa disimpulkan dari lokasi. Sebagai contoh, apabila Anda bertemu dengan seseorang di sebuah konser atau festival, Anda sudah bisa membuat perkiraan tentang kepribadian orang itu," jelas Jim Yang, Co-Founder dan CEO Gather dalam siaran persnya.

Aplikasi ini sendiri diciptakan oleh dua entrepreneur asal Silicon Valley, yakni Jim Yang dan Min Gyung Kang selaku CTO.

Lahir dan dibesarkan di Surabaya, Jim sempat menjual perusahaan teknologi miliknya bernama Identyx kepada Red Hat tahun 2008. Semenjak itu, ia telah menjadi angel investor dan advisor di sejumlah startup di Amerika Serikat.

Sementara itu, Gyung Kang sebelumnya sempat memegang posisi sebagai senior software engineer di Google. Ia juga merupakan anggota awal dari proyek Android Bouncer, sebuah inisiatif untuk melindungi pengguna Google Play dari aplikasi berbahaya.

Gather kini sudah dapat diunduh secara gratis bagi para pengguna perangkat berbasis iOS (iPhone). Sedangkan untuk versi Android-nya dikabarkan akan segera menyusul. (AM)

 

(s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section