1. HOME
  2. NEWS
TEKNOLOGI

Hyperloop, Transportasi Super Cepat Masa Depan

Hyperloop bekerja dengan menciptakan tekanan rendah di dalam sebuah tabung.

By Dian Ardiahanni 26 Oktober 2015 18:18
Hyperloop, transportasi cepat di masa depan (Huffingtonpost)

Money.id - Pada 2013, Elon Musk, seorang pengusaha dibalik PayPal, Tesla dan SpaceX mengambil ide lama di abad ke-19. Dimana, ia berkeinginan membuat sistem transportasi cepat bagi publik di masa mendatang.

Hasilnya adalah transportasi berteknologi yang dinamakan Hyperloop. Diberitakan CNN, Senin 26 Oktober 2015, transportasi ini menggiring publik untuk mengubah cara berpikir tentang mobilitas, melalui teknologi vakum.

Hyperloop bekerja dengan menciptakan tekanan rendah di dalam sebuah tabung. Tekanan itu memungkinkan kapsul penuh untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan sangat tinggi layaknya pesawat.

Sehingga perjalanan dari Los Angeles ke Las Vegas bisa ditempuh hanya sekitar 20 menit dengan kecepatan subsonik 760 mil per jam. Ini lebih dari pesawat komersial yang umumnya berkecepatan 550 mph.

Rencananya teknologi transportasi hyperloop ini akan dibuat pertama kali di California pada 2016. Kota California dipilih karena memiliki kawasan teknologi potensial yakni Silicon Valley. Karya Dirk Albhorn ini dijadwalkan akan beroperasi pada 2019. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section