1. HOME
  2. DIGITAL

Rusia Bangun Data Center Terbesar Bertenaga Nuklir

Data center ini akan ditenagai listrik sebesarn 80 Megawatt yang mampu menghidupi hingga 10.000 buah rak hardware data center.

By Nur Chandra Laksana 28 November 2015 10:16
Ilustrasi (datacentercage.com)

Money.id - Rusia sekali lagi mengagetkan dunia dengan teknologi mereka. Menurut laporan terkini, Rusia saat ini tengah membangun sebuah pusat penyimpanan data besar (data center) yang seluruh operasionalnya ditenagai oleh nuklir. Pusat penyimpanan data bertenaga nuklir ini sedang dibangun di wilayah bernama Udomlya.

Rosenergoatom, didapuk sebagai perusahaan spesialis tenaga nuklir yang bertanggung jawab atas pembangunandata center terbesar tersebut. Kabarnya, pusat penyimpanan data center ini akan ditenagai listrik sebesarn 80 Megawatt yang mampu menghidupi hingga 10.000 buah rak hardware data center.

Menurut laporan Telecom Daily, Sabtu 27 November 2015, 10 persen kapasitas data center di Udomlya sudah dicadangkan untuk perusahaan milik negara. Sisanya akan tersedia untuk pelanggan komersial.

Rosenergoatom juga telah mendekati Facebook dan Google untuk menawarkan ruang untuk disewa. Hal ini dikarenakan perusahaan yang berasal dari luar Rusia untuk mengikuti regulasi pemerintah Rusia yang mewajibkan penyimpanan datayang menyangkut warga Rusia di tanah Rusia.

Saat ini Rosenergoatom sudah mengoperasikan sepuluh pembangkit listrik bertenaga nuklir dengan 33 unit reaktor. Ke depannya mereka berencana untuk meningkatkan jumlah reaktornya hingga 59 unit pada tahun 2030 mendatang dengan total biaya mencapai US$975 juta atau sekitar Rp 13,4 triliun. (dhi)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/ncl)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section