1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Perang Huawei Vs Xiaomi Makin Memanas

Huawei dan Xiaomi merupakan vendor terbesar di China. Dan persaingan kedua vendor tersebut kini kian memanas.

By Nur Chandra Laksana 2 November 2015 17:04
Huawei vs Xiaomi (Foto: spjmobile.com)

Money.id - Pertumbuhan alat elektronik asal China terus berkembang. Sebut saja Huawei dan Xiaomi. Kedua vendor tersebut merupakan vendor terbesar di China. Dan persaingan kedua vendor tersebut kini kian memanas.

Dilansir dari Cnet, hasil riset dari HIS Technology menunjukkan Xiaomi menempati peringkat pertama penjualan smartphone dengan market share mencapai 16,4 persen. Sedangkan Huawei menempati urutan kedua dengan market share 16,2 persen. Prosentase yang amat ketat.

Market di China sendiri dianggap penting bagi kedua perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan kedua vendor tersebut yakin jika penjualan di China bagus, maka penjualan mereka di pasar global juga akan bagus.

Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Xiaomi menempati urutan ketiga perusahaan dalam market share terbesar di dunia. Sedangkan Huawei sendiri menempati urutan kelima.

Walaupun Xiaomi baru memulai penjualan handphone mereka pada tahun 2011, perusahaan ini dengan cepat meraih simpati pengguna handphone di dunia. Dengan kombinasi harga yang murah dan spesifikasi yang solid, dan ditambah taktik penjualan yang – hampir – ekslusif, Xiaomi dapat meraup untung hingga US$45 miliar, atau sektiar Rp60 triliun tahun lalu.

Merespon hasil dari laporan maket share tersebut, pihak Xiaomi menyebutkan hasil di kuartal ketiga ini agak sedikit melemah. Hal ini dikarenakan adanya 'masa transisi' jajaran smartphone mereka di kuartal ketiga tahun ini.

Untuk Huawei sendiri, Kevin Wang seorang analis dari IHS Technology, menyebutkan perusahaan ini telah berkembang menjadi lebih baik. "Banyak konsumen berpikir ponsel Huawei memiliki kualitas yang sangan bagus," kata Wang.

"Huawei sekarang memiliki prosesor yang bagus dan memiliki fitur–fitur unik," jelas analis dari Canalys, TZ Wong membenarkan kemajuan Huawei.

Namun Wang, jika Huawei terus merilis handphone dengan harga premium seperti Mate 7 dan Nexus 6P, mereka akan mengalami kemunduran. Hal ini dikarenakan Xiaomi akan terus menjual handphone mereka dengan harga murah dan spesifikasi yang mumpuni. (ary)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(aa/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section