1. HOME
  2. DIGITAL
ANDROID

Chromebook Akan Dikawinkan Dengan Android?

Hingga kini telah 5,7 juta unit Chromebook telah dinikmati masyarakat.

By Nur Chandra Laksana 2 November 2015 12:33
Chromebook (Foto: www.heraldrecorder.org)

Money.id - Jika anda ingin membeli sebuah notebook yang hanya diperuntukkan hanya untuk browsing, maka anda bisa membeli produk keluaran Google yang satu ini, yakni Chromebook. Dengan menggandeng beberapa pabrikan dunia, Chromebook hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Hingga kini telah 5,7 juta unit Chromebook telah dinikmati masyarakat. Sebanyak 72 persen penjualannya disumbangkan oleh jajaran Chromebook Education.

Pabrikan yang paling banyak menjual Chromebook ini datang dari Acer, dengan jumlah 2 juta. Sementara itu Samsung dan HP mengekor di belakangnya dengan penjualan masing-masing 1,7 juta dan 1 juta unit.

Meski tingkat penjualan cukup tinggi, namun pengguna ingin agar Chromebook tetap beroperasi dengan sistem Android. Para pengguna merasa Chrome OS yang ditanamkan di dalam Chromebook ini masih belum bisa menujang apa yang diinginkan, di luar menjelajah internet dari Google Chrome browser.

Tetapi ada kabar bagus berhembus dari pihak Google. Dikutip dari laman The Wall Street Journal (TWSJ), Google sepertinya mencoba 'mengawinkan' Chrome OS dengan Android. Proyek yang sudah berjalan dua tahun ini rencananya siap dirilis pada 2017.

Saat beberapa orang khawatir Google akan 'membunuh' Chrome OS, namun sepertinya Google masih memiliki strategi sendiri untuk mengatasi hal ini. Hiroshi Lockheimer, Senior VP dari Chrome OS, Chromecast, dan Android, mengerti benar mengenai potensi dari tiap–tiap OS tersebut.

Dalam twitter pribadi Hiroshi, dia berkicau, "Saat ini banyak momentum untuk Chromebook, dan kami sangat berkomitmen untuk mengerjakan Chrome OS. Saya  baru saja membeli 2 buah untuk anak – anak saya sekolah!"

TWSJ juga menyebutkan bahwa OS Android terbaru juga akan bisa jalan di komputer, namun masih belum jelas apakah OS ini seperti komputer berbasis Windows atau Mac, atau hanya rebranded dari Chromebook yang ada.

Rumor mengenai perkawinan dua OS ini juga diperkuat dengan adanya fakta, CEO Google yang sekarang, Sundar Pichai pernah menjadi Direktur untuk Chrome OS dan Andriod. (Ary)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(aa/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section