1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Kisah Unik di Balik Google Doodle 2 November

Animasi Google Doodle hari ini menggambarkan gerbang logika yang digunakan dalam komputasi dan berasal dari fungsi Boolean.

By Nur Chandra Laksana 2 November 2015 15:04
Google Doodle (Foto: Google.com)

Money.id - Jika anda sering menggunakan mesin pencari Google, anda pasti sadar ada yang berbeda dengan logo Google pada Senin (2/11/2015) ini. Nah doodle hari ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-200 George Boole.

Namun tahu kah anda siapa Geroge Boole itu? Jika anda tidak tahu, mari kita simak penjelasan di balik sosok George Boole ini.

Dilahirkan di Inggris, pada 2 November 1815, Boole terlahir dengan dianugerahi otak yang sangat cerdas. Pada usia yang tergolong muda, Boole sudah menjadi guru di sebuah sekolah di Inggris. Pada usianya yang ke-19 Boole sudah mampu mendirikan sekolah miliknya sendiri.

Setelah bertahun–tahun memfokuskan diri belajar matematika, Boole akhirnya menemukan persamaan yang membuat kagum ahli matematika lainnya, khususnya para ahli yang sudah senior. Namun dari banyaknya penemuan Boole, yang paling terkenal adalah gerbang logika.

Gerbang logika ini mencakup variabel "benar", "salah", "nyala" atau "(I)", dan keadaan "mati" atau "(0) ". Nah teori inilah yang digunakan Claude Shannon untuk membangun sirkuit listrik pada tahun 1930 yang mengarah menjadi komputer modern.

Namun sayangnya Boole meninggal di usia yang muda. Saat usianya baru menginjak 49 tahun, Boole terserang radang paru-paru parah. Penyakit itu diderita usai Boole berjalan sejauh 3,2 kilometer dan setelah itu tetap mengajar dengan pakaian yang basah. Boole pun menghembuskan nafas terakhirnya di County Cork, Irlandia.

Nah, animasi Google Doodle hari ini menggambarkan gerbang logika yang digunakan dalam komputasi dan berasal dari fungsi Boolean. Pertama, huruf "g", dua huruf "o", huruf "l" dan huruf "e" di Google menyala-nyala berdasarkan gerbang logika di antara huruf-huruf tersebut.

Ketika "x" dan "y" di huruf "g" yang kedua menyala, maka huruf-huruf itu pun menyala, yang mengaktifkan huruf lainnya pada waktu yang berbeda.

Sebagai contoh, ketika x dan y menyala, maka huruf "g" pertama (xANDy) dan huruf "o" kedua (xORy) pun menyala. Gerbang "XOR" yang mengaktifkan huruf "o" pertama dikenal sebagai gerbang "Exclusive OR", yang berarti hanya menyala ketika satu dan hanya satu dari x atau y adalah benar.

Selain menciptakan teori Boolean, ternyata Boole juga seorang pemikir awal dari teori kecerdasan buatan. Boole percaya bahwa semua pemikiran manusia dapat direduksi menjadi serangkaian aturan matematika, dan menganjurkan mesin sebagai cara untuk menggantikan pekerjaan manusia yang membosankan. (ary)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(aa/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section