1. HOME
  2. DIGITAL
GAME

Mengapa Pokemon Go Begitu Populer?

Ternyata sebelumnya sudah ada game serupa pada 2012, namun sayangnya...

By Rizki Astuti 16 Juli 2016 15:28
Pokemon Go (Youtube.com)

Money.id - Peluncuran game Pokemon Go berhasil menarik perhatian dunia. Game ini bahkan menjadi yang paling banyak diunduh di App Store dan Play Store.

Sehingga banyak yang bertanya-tanya, mengapa game ini begitu populer?

Melansir dalam laman Mashable Asia, Jumat 15 Juli 2016, Pokemon Go adalah game yang menggabungkan dua teknologi yaitu geolokasi dan augmented reality (AR). Dengan geolokasi yang menyediakan peta akurat, gamer bisa menemukan monster Pokemon di dunia nyata.

Setelah lokasi Pokemon ditemukan, teknologi AR akan mengambil alih tampilan kamera ponsel gamer. Dan voila! Gamer pun berhasil menangkap monster Pokemon yang terlihat begitu nyata di layar ponsel mereka.

Namun Pokemon Go yang dikembangkan oleh Niantic Lab ini sebenarnya masih banyak kekurangan dan tidak menawarkan hal yang baru. Masalahnya, sebelum Pokemon Go, Niantic telah mengembangkan game sejenis bernama Ingress.

Sayangnya, meski sama-sama mengusung teknologi geolokasi dan AR, Ingress masih kalah dari Pokemon Go dalam hal popularitas. Padahal Pokemon Go baru diluncurkan pada Rabu pekan kemarin. Sementara Ingress telah dikembangkan oleh Niantic Lab sejak 2012 lalu.

Kekuatan sebenarnya yang membuat Pokemon Go lebih populer dari Ingress adalah karena tayangan film kartun Pokemon yang sudah hadir terlebih dahulu pada 17 hingga 18 tahun lalu.

Saat itu film kartun Pokemon dengan lagunya yang berjudul 'Catchy' begitu populer hingga merambah stasiun-stasiun televisi Amerika Serikat, bahkan sampai ke penjuru dunia. Anak-anak saat itu begitu tergila-gila dengan tayangan film Pokemon dan monster Pikachu.

Kini anak-anak itu telah menjadi orang dewasa dengan smartphone, beserta kenangan akan masa lalu. Sekarang mereka mungkin masih bisa mengingat nama-nama monster Pokemon yang aslinya berjumlah 160.

Oleh karena itu kehadiran Pokemon Go ini mereka seakan menjadi pemburu monster yang sebenarnya. Selain bernostalgia ada sebuah dunia magis yang diciptakan oleh rahasia perburuan monster di Pokemon Go, yaitu ketika Anda merasa seperti tinggal di suatu tempat di mana Pokemon mengintai di taman dan di trotoar. (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section