1. HOME
  2. DIGITAL

Main Ponsel Sebelum Tidur Bikin Cepat Gemuk?

Perangkat seperti komputer dan ponsel memancarkan cahaya berwarna biru. Cahaya tersebut memicu produksi hormon melatonim.

By Adhi 13 Oktober 2015 14:35
Ilustrasi (visr.co)

Money.id - Hasil studi yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan dari Northewestern University di Chicago, Amerika Serikat, mengungkap sebuah fakta unik. Menurut mereka, memainkan ponsel sebelum tidur, khususnya malam hari, berisiko menaikan berat badan lebih cepat. Loh kok bisa?

Dikutip dari laman Daily Mail, Selasa, 13 Oktober 2015, dijelaskan bahwa paparan cahaya dari berbagai sumber, termasuk komputer dan ponsel di malam hari dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini dikarenakan perangkat seperti komputer dan ponsel memancarkan cahaya berwarna biru.

Meski kita melihat cahaya yang keluar dari ponsel berwarna putih, akan tetapi nyatanya para peneliti menekankan bahwa warna cahaya yang dikeluarkan oleh perangkat elektronik umumnya adalah biru.

Profesor Jim Horne dari London, Inggris, mengatakan bahwa manusia yang terpapar sinar biru selama tiga jam di malam hari akan memiliki nafsu makan yang lebih besar esok harinya. Bila terlalu sering, orang tersebut akan sulit mengontrol berat badan.

"Cahaya terang pada jam tidur akan meningkatkan produksi hormon melatonim, sehingga menunda waktu tidur dan mempengaruhi metabolisme," ungkap Horne.

Meski begitu, Profesor Horne tidak berani mengatakan bahwa efek yang terjadi atas paparan cahaya berwarna biru akan sama pada semua orang. "Cahaya terang pada jam tidur akan meningkatkan produksi melatonim, sehingga menunda waktu tidur dan mempengaruhi metabolisme," tambahnya.

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section