1. HOME
  2. DIGITAL

5 Akuisisi Termahal di Jagat Teknologi

Facebook, Lenovo, hingga Yahoo pernah melakukan akuisisi dengan jumlah transaksasi yang juga cukup besar.

By Adhi 13 Oktober 2015 11:33
Microsoft akuisisi Nokia (digitaltrends.com)

Money.id - Kabar akuisisi Dell-EMC mengejutkan para pelaku industri teknologi dunia. Bagaimana tidak? Dell dilaporkan harus merogoh kocek hingga US$65 miliar atau sekitar Rp902 triliun untuk membeli perusahaan yang bergerak di bidang layanan penyimpanan (storage) data tersebut.

Sebelum proses akuisisi Dell-EMC terjadi, laman Business Insider mencatat ada sejumlah transaksi akuisisi lain yang juga bernilai masif di industri teknologi.

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya:

1. Facebook akuisisi WhatsApp

Proses akuisisi Facebook-Whatsapp terjadi pada awal 2014 dan rampung di bulan Oktober. Jumlah uang yang harus dikeluarkan Facebook demi memiliki aplikasi pesan instan populer itu tak sedikit. Bermodalkan lebih dari 500 juta pengguna aktif, nilai akuisisi WhatsApp adalah sebesar US$19 miliar, bahkan dilaporkan naik menjadi US$21,8 miliar atau sekitaran Rp311 triliun.

2. Lenovo akuisisi Motorolla

Lenovo membeli Motorola dari Google Inc pada Januari 2014 dengan nilai transaksi US$2,91 miliar atau sekitar Rp35,2 triliun. Transaksi itu dibayar Lenovo dengan rincian US$660 juta dalam bentuk tunai, 519 juta lembar saham Lenovo senilai US$575 juta, dan sisanya US$1,5 miliar akan dibayarkan dalam jangka waktu tiga tahun.

3. Microsoft akuisisi Nokia

Di penghujung 2013, dunia teknologi dikejutkan dengan diakuisisinya unit device and services Nokia oleh Microsoft. Untuk akuisisi tersebut, perusahaan pembuat software asal Redmond, Amerika Serikat itu telah merogoh kocek senilai US$7,17 miliar atau sekitar Rp79 triliun. Akuisisi ini juga menjadi titik tolak Microsoft masuk ke pasar perangkat mobile.

4. Intel akuisisi McAfee

Pertengahan Maret 2011, perusahaan semikonfuktor terbesar di dunia, Intel secara resmi mengakuisisi perusahaan antivirus McAfee dengan tebusan mencapai US$7,68 miliar atau setara dengan Rp109 triliun. Keputusan ini merupakan langkah akuisisi yang terbesar bagi Intel sepanjang 42 tahun kiprahnya di industri teknologi. Akuisisi ini juga dianggap sebagai sebuah langkah yanng cukup mahal untuk membuktikan komitmen Intel menjual lebih banyak chip ke dalam PC dan server.

5. Yahoo akuisisi Tumblr

Sejak tahta kepemimpinan Yahoo dipegang oleh Marissa Mayer, perusahaan ini hampir setiap bulan membeli sebuah perusahaan perintis (startup). Salah satu yang mengguncang jagat teknologi yakni keputusan Mayer membeli situs blog, Tumblr. Pertengahan Juni 2013, Dewan Direksi Yahoo telah memberi persetujuan dana akuisisi sebesar US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp13,4 triliun. Angka ini lebih besar dari penawaran Yahoo sebelumnya, yaitu sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp12 triliun, yang dianggap terlalu kecil oleh Tumblr.

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section