1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

Mahasiswa Malang Juarai Microsoft CityApp Appathon

Microsoft CityApp Appathon adalah kompetisi pembuatan aplikasi sebagai solusi teknis atas tantangan pembangunan urban.

By Adhi 9 Oktober 2015 16:00
Thor tim pemenang Microsoft CityApp Appathon bersama Stefan Sjöström Vice President Public Sector Microsoft Asia (Microsoft)

Money.id - Microsoft mengumumkan tim pengembang aplikasi "Thor" dari Universitas Kanjuhuran Malang (UNIKAMA) sebagai pemenang dari Microsoft CityApp Appathon yang dilaksanakan di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat 9 Oktober 2015.

Tim Thor menunjukkan keunggulannya dengan proyek Road Report (ROAR). Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu warga melaporkan kondisi jalanan yang buruk kepada pihak otoritas yang berwenang.

Diselenggarakan oleh Microsoft dan CITYNET (Jaringan Regional Otoritas Lokal Pengelolaan Cipta Karya), CityApp Appathon bertujuan memanfaatkan inovasi pelajar di daerah Sidoarjo untuk mengembangkan solusi teknis atas tantangan pembangunan urban.

CityApp Appathon di Sidoarjo adalah bagian dari Microsoft CityNext, sebuah inisiatif global yang berusaha untuk mengubah dan melakukan modernisasi terhadap pelaksanaan operasional dan infrastruktur di berbagai kota. Salah satu pilar utama CityNext yakni mengikutsertakan masyarakat dengan alat, pelatihan, dan pembinaan yang diperlukan, serta bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mendukung kelancaran inovasi.

"Inovasi luar biasa di era perangkat digital saat ini memungkinkan kota-kota dengan pertumbuhan pesat seperti Sidoarjo untuk menumbuhkan ekonomi mereka, mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan, serta menciptakan masyarakat yang modern, aman, berpendidikan, dan sehat," ujar Stefan Sjostrom, Vice President Public Sector Microsoft Asia, dalam siaran persnya.

Microsoft CityApp Appathon sebelumnya juga sudah dilaksanakan di kota-kota lainnya di Asia termasuk Changchun, China, Kathmandu, Nepal, serta Makassar.

"Microsoft CityNext menggunakan pendekatan yang berpusat pada masyarakat untuk membantu kota-kota di Asia dalam mewujudkan visi ini," ungkap Stefan.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section