1. HOME
  2. DIGITAL
NOKIA

5 Ponsel Lawas Nokia Berdesain Paling Ikonik

Dahulu Nokia adalah "raja" ponsel. Produk-produknya selalu dinanti dan sukses di pasaran.

By Adhi 9 Oktober 2015 08:00
Nokia 5110 (cnet.com)

Money.id - Bila menengok kembali ke era 1990-an dan awal 2000-an, belum ada ponsel yang mengusung kecanggihan sistem operasi ataupun kehebatan performa prosesor. Pada era itu, Nokia adalah "raja" ponsel yang produk-produknya selalu dinanti dan sukses di pasaran. Bukan Samsung, Apple, apalagi brand asal China seperti Xiaomi.

Sebelum masuk ke zaman smartphone yang dimulai oleh Apple (iPhone) pada tahun 2007, para produsen ponsel tidak terlalu berfokus pada kecanggihan fitur yang disajikan. Mereka lebih mengandalkan keunikan desain sebagai modal utama menarik minat konsumen. Dan Nokia memang dikenal sebagai salah satu yang paling inovatif di sektor desain.

Dalam rangka mengenang masa kejayaan Nokia, berikut kami ulas 5 ponsel lawas Nokia yang dinilai memiliki desain paling ikonik sebagaimana dikutip dari laman Tomshardware:

1. Nokia 5110

Di penghujung dekade 1990-an, atau tepatnya pada tahun 1998, Nokia merilis ponsel seri 5110. Ponsel ini langsung menjadi primadona, dan sukses menjadi ponsel 'sejuta umat' berkat desainnya yang simpel.

Nokia 5110 memiliki ciri khas antena kecil di bagian atas. Casing-nya pun bisa digonta-ganti dengan pilihan warna-warni ceria yang sangat digemari anak muda. Selain itu, daya tarik ponsel ini juga berada pada sektor game. Nokia 5110 adalah ponsel pertama Nokia yang memuat game legendaris Snake.

2. Nokia 8110

Mundur ke tahun 1996, pastinya banyak penggemar ponsel yang pernah mendengar julukan 'Nokia Pisang'. Nama dari ponsel tersebut sebenarnya adalah Nokia 8110. Desainnya memang unik, mengusung sistem slide dan berbentuk melengkung layaknya sebuah pisang.

Popularitas Nokia 8110 juga terangkat setelah ikut tampil dalam film The Matrix yang booming pada waktu itu, sehingga tidak sulit bagi ponsel ini untuk mendapatkan tempat di hati banyak kalangan.

3. Nokia 9000 Communicator

Ponsel ini bisa dibilang sebagai cikal-bakal generasi smartphone. Fungsinya tak hanya untuk menelepon dan berkirim SMS, tapi sudah memiliki berbagai fitur modern pada masanya seperti email dan mengirim faks. Ponsel ini merupakan pujaan para pekerja kala itu.

Di sektor desain, ponsel yang dirilis pada 1998 ini memiliki ukuran bodi yang tergolong besar dibanding ponsel-ponsel lainnya yang beredar di pasaran kala itu. Display layarnya ada dua, satu buah layar kecil di bagian depan, dan satu buah layar besar persegi panjang jika bodi ponsel ini dibuka layaknya sebuah laptop.

4. Nokia 3650

Di tahun 2003 Nokia merilis ponsel seri 3650. Desainnya aneh, keypad-nya memutar dan cenderung menyulitkan penggunanya. Namun aneh, ponsel ini justru menjadi primadona bagi para remaja saat itu.

Salah satu yang paling diandalkan dari ponsel ini adalah fitur kamera. Nokia 3650 adalah ponsel pertama di dunia yang telah dilengkapi dengan kamera built-in di bagian belakang bodinya.

5. Nokia N-Gage

Setelah bereksperimen dengan kamera, di tahun 2003 Nokia juga mencoba merilis ponsel inovatif yang mengandalkan fitur game melalui seri N-Gage.

Ponsel dengan desain yang cukup unik ini hadir dalam dua versi, yakni N-Gage Classic di tahun 2003 dan N-Gage QD di tahun 2004. Di dalamnya disertakan sejumlah game populer seperti Ashpalt dan Call of Duty. Sontak ponsel ini sukses menjadi salah satu ponsel terlaris dari Nokia. (ita)

(a/a)

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section