1. HOME
  2. DIGITAL
SELFIE

Bayar Belanja Online Bisa Pakai Foto Selfie?

MasterCard menggunakan foto selfie sebagai fitur pengganti password konvensional untuk memverifikasi pembayaran belanja online.

By Adhi 9 Oktober 2015 14:33
Ilsutrasi foto selfie (ajr.org)

Money.id - Instansi finansial MasterCard telah mengembangkan sebuah teknologi yang memungkinkan para penggila belanja online untuk melakukan pembayaran via foto selfie. Keren kan?

Eits, tapi tunggu dulu. Penjelasannya seperti ini, MasterCard menggunakan foto selfie konsumen bukan sebagai alat pembayaran. Melainkan, sebagai fitur pengganti password konvensional.

Ini artinya, metode pembayaran tetap menggunakan cara konvensional via kartu kredit ataupun kartu debit. Hanya saja, nantinya ketika memasuki tahap konfirmasi pembayaran, konsumen akan diminta untuk melakukan foto selfie sebagi kode verifikasi. Teknologi ini sendiri dikenal dengan sebutan Identity Check.

"Keamanan menjadi salah satu kendala yang menghambat penetrasi e-commerce. Mereka harus menghafal password dan membuatnya jadi tak nyaman," kata Ajay Bhalla, President Enterprise Security Solutions MasterCard seperti dilansirĀ lamanĀ Business Insider, Jumat 9 Oktober 2015.

Bhalla menilai bahwa teknologi sharusnya dapat mempermudah konsumen agar mereka nyaman saat berbelanja online, baik di dekstop atau mobile.

"Selfie itu keren, tapi kami yakin itu akan segera populer. Dunia ini terdapat 210 negara, yang memiliki keragaman wajah, jari, dan suara. Saya rasa itu akan memberikan banyak pilihan," ujar Ajay. (dwq)

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section