1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

5 Langkah Menghemat Memori iPhone

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menghemat penggunaan kapasitas memori iPhone Anda.

By Nur Chandra Laksana 17 Juli 2016 15:48
iPhone 6 (pexel.com)

Money.id - Dewasa ini, ponsel pintar dengan memori internal seluas 16GB mungkin sudah tergolong kecil. Fakta menariknya, ponsel pintar high-end baru sekelas iPhone 6s dan iPhone 6s Plus ternyata masih saja menyertakan varian ini.

Dari sisi ekonomi, iPhone varian 16GB memang lebih murah. Namun yang perlu diingat, iPhone tidak pernah menyediakan fitur memori eksternal. Konsumen pun pada akhirnya harus pandai-pandai menghemat kapasitasnya.

Nah, jika Anda merupakan konsumen iPhone 16GB yang merasakan dampak tersebut, berikut lima tips sederhana yang dapat dilakukan agar kapasitas memori internal iPhone Anda tetap terjaga.

1. Simpan foto secara online

Tingginya kualitas gambar yang dihasilkan kamera iPhone sangat berbanding lurus dengan ukuran (size) gambar. Jadi, menimbun koleksi foto di memori internal sangat tidak disarankan.

Sebagai alternatifnya, Anda dapat memanfaatkan layanan penyimpanan cloud gratis seperti iCloud, Dropbox, atau Google Photos.

2. Manfaatkan streaming musik

Selain foto, menyimpan lagu juga berpotensi menghabiskan kapasitas memori internal Anda dengan cepat. Oleh sebab itu, manfaatkan sebaik-baiknya layanan streaming musik gratis seperti Apple Music atau Google Play Music.

3. Manfaatkan aplikasi Safari

Untuk layanan yang bakal sering digunakan seperti Gmail, menginstal aplikasi mandiri adalah suatu keharusan. Namun jika hanya sekadar mencari deskripsi di Wikipedia, Anda tidak harus memasang aplikasi mandiri bukan?

Ya, manfaatkan aplikasi browser Safari untuk aktivitas yang memang tidak selalu dilakukan setiap saat.

4. Unduh game seperlunya

Tak dapat dipungkiri, menginstal banyak aplikasi game adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Sayangnya, mayoritas ukuran aplikasi game juga cenderung besar.

Oleh karena itu, cukup pasang aplikasi game yang memang benar-benar hanya akan Anda mainkan secara rutin.

5. Bersihkan data secara berkala

Membersihkan data secara berkala adalah suatu keharusan meskipun memori internal Anda seluas 128GB. Sebagai contoh sederhana, menghapus SMS lama mungkin akan terdengar sederhana.

Namun faktanya, 10 SMS ternyata sudah mampu menghabiskan memori internal Anda hingga puluhan MB. (dhi)

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section