1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

Anak Jogja jadi Juara Kompetisi Pembuatan Aplikasi Indosat

Para pemenang membawa pulang total hadiah puluhan juta rupiah, saldo Indosat Dompetku dan piagam penghargaan.

By Adhi 11 Oktober 2015 13:35
Direktur dan CEO Indosat, Alexander Rusli,bersama para pemenang Hackathon 2015 (Indosat)

Money.id - Indosat kembali menyelenggarakan Hackathon, kompetisi pembuatan aplikasi dalam waktu 24 jam bagi para kelompok developer aplikasi sebagai rangkaian acara Indosat Wireless Innovation Contest ke-9. Hackathon tahun 2015 ini menghadirkan kategori baru ,yaitu aplikasi untuk perempuan dan aplikasi Inbound Tourism.

"Kami berharap para inovator muda handal ini dapat terus berinovasi, menghasilkan karya-karya aplikasi yang spektakuler serta bernilai manfaat bagi masyarakat. Indosat berharap kita tidak hanya menjadi content users, tetapi juga menjadi content creator," ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, dalam siaran persnya yang diterima Minggu, 11 Oktober 2015.

Kompetisi Hackathon tahun ini diikuti oleh 120 peserta yang terbagi ke dalam 50 tim. Para peserta tersebut adalah para developer muda, start-up lokal dan anak muda dari wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Madura, hingga Pontianak.

Peserta diharuskan untuk memilih salah satu dari 5 kategori kompetisi pembuatan aplikasi yaitu (1) kategori Communication, Lifestyle, Education; (2) kategori Multimedia & Games ; (3) kategori Utilities ; (4) Kategori spesial untuk Perempuan ; dan (5) kategori spesial Inbound Tourism.

Dan berikut adalah para pemenang Hackathon IWIC ke-9:
Terbaik I – Temu Jasa karya Rheza Adipratama dan Hardian Prakasa, UGM Yogyakarta
Terbaik II – Smart Tour karya Puja Pramudya, Bandung
Terbaik III – iWhatchYou karya Arrival Dwi Sentosa, Andri Budi Santoso, dan Julyan Widianto, Bandung

Ajang Hackathon sendiri dimulai pada Jumat 9 Oktober 2015 pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada Sabtu 10 Oktober 2015 pukul 11.00 WIB. Selama lebih dari 24 jam, seluruh peserta secara berkelompok bekerja sama membuat aplikasi kemudian mempresentasikan dan mendemokannya di hadapan para juri.

Dewan Juri yang menilai terdiri Tim Indosat, Founder Institute, Harukaedu dan Kompas Gramedia. Indosat menyediakan semua kebutuhan pokok seluruh peserta seperti makanan, minuman, tempat istirahat, tempat ibadah, tim dokter, serta hiburan.

Para peserta yang berhasil menjadi karya Terbaik dalam ajang Hackathon membawa pulang total hadiah puluhan juta rupiah, saldo Indosat Dompetku dan piagam penghargaan. Karya aplikasi yang telah mereka ciptakan pada ajang Hackathon ini secara otomatis juga akan dikompetisikan di ajang IWIC 9 yang akan berakhir di akhir bulan ini. (ita)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section