1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS ONLINE

1 Juta Warung Digital Ditargetkan Dibuka di Indonesia

Salah satu program yang digalakkan ADEI adalah 'Waroeng Digital' yang menyasar pemilik warung dan pelaku Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

By Adhi 2 Februari 2016 15:08
Ilustrasi (femaledaily.com)

Money.id - Bersama India dan China, Indonesia diprediksi bakal menjelma menjadi salah satu raksasa lini bisnis e-commerce di wilayah Asia Pasifik pada 2016.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara memprediksi nilai transaksi e-commerce di tanah air pada 2016 akan mencapai angka US$4,89 miliar atau sekitar lebih dari Rp68 triliun.

Senada dengan Menkominfo, Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI) yang baru saja diresmikan pada Senin 1 Februari 2016, bahkan optimis Indonesia akan menjadi 'raja' e-commerce Asia Tenggara paling lambat pada 2020.

Asosiasi yang dibentuk oleh para pelaku usaha, akademisi, praktisi, peneliti dan insan yang bergerak dalam bidang digital ini meyakini bahwa lima tahun ke depan pasar digital, khususnya e-commerce di tanah air akan menembus nilai transaksi sebesar US$130 miliar atau sekira RP1.779 triliun.

Dalam deklarasinya, ADEI mengungkap visinya untuk mempercepat pemanfaatan sektor digital di semua sektor. Salah satu program yang akan digalakkan adalah 'Waroeng Digital' yang menyasar pemilik warung dan pelaku Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Inisitaif ADEI dan UMKM terdiri dari pedagangan, toko klontongan untuk pemanfaatan teknologi digital. Kita tidak ada pembatas warung mana untuk ikut, kita terbuka untuk semuanya," ungkap Bari Arijono, Ketua Umum ADEI di Gedung Cyber 2, Jakarta.

Kedepannya, kata Bari, warung-warung yang bergabung dengan ADEI akan memiliki platform etalase digital yang terangkum dalam sebuah alikasi. Bari menjelaskan, aplikasi yang dimaksud rencanannya akan siap pada Maret 2016 mendatang.

Dirinya pun mengklaim, manfaat yang diraih pemilik warung yang bergabung di aplikasi ADEI adalah lonjakan transaksi hingga dua kali lipat. Sementara ini, anggota ADEI baru mencapai 150 dari target satu juta warung digital pada Juni 2016.

"Bila transaksi Rp100 ribu per hari, bisa meningkat jadi Rp200 ribu. Jadi, kita harapkan bisa naik dua kali lipatnya," tandas Bari.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section