1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Mengintip Gurita Bisnis Pengusaha 'Misterius' Asal Indonesia

Gunung Sewu Holdings Company mulai diketahui banyak orang pada Oktober 2014, saat itu mereka menjul 20 persen saham perusahaan asuransi.

By Rohimat Nurbaya 2 November 2015 14:12
Dasuki Angkosubroto (Foto: gunungsewu.com)

Money.id - Dasuki Angkosubroto dan keluarga tercatat di jajaran orang kaya baru di Indonesia versi Forbes 2014. Kekayaannya mencapai US$1,5 miliar atau setara Rp20,5 triliun. Awalnya, tidak banyak orang tahu sepak terjang keluarga pengusaha ini.

Dia merupakan pendiri Gunung Sewu Group. Ayah empat anak ini memulai bisnis di sektor perdagangan komoditas pada 1950, kemudian merambah ke bisnis produsen dan distributor makanan.

Seiring berjalan waktu, Gunung Sewu jadi sebuah perusahaan holding, mereka 'bermain' di beberapa sektor, seperti properti, pertanian, dan asuransi jiwa.

Salah satu produknya yang populer adalah buah-buahan, seperti pisang dengan merek Sunpride dan Sunfresh. Produk ini dipasarkan oleh anak usaha Gunung Sewu, yaitu Sewu Segar Nusantara.

Dasuki wafat pada 2009, bisnis diwariskan pada empat anaknya. Gunung Sewu Holdings Company kini dipimpin Komisaris Utama Husodo Angkosubroto. Dia merupakan anak dari Dasuki Angkosubroto. Bisnis dijalankannya itu didukung 25 ribu karyawan.

Foto: Flickr

Mendunia

Awalnya tidak banyak publikasi mengenai keluarga ini. Nama mereka muncul ke permukaan ketika menjual 20 persen saham bisnis asuransinya ke Nippon Life Insurance pada Oktober 2014.

Bisnis keluarga Angkosubroto sudah lama menancap di dunia internasional. Mereka membawa bendera PT Great Giant Pineapple. Perusahaan itu bergerak di bidang pengalengan nanas. Saat ini mereka terbesar ketiga di dunia.

Pada bidang properti, keluarga Angkosubroto menjalankan PT Duta Anggada Realty Tbk. Aset mereka adalah gedung-gedung mewah di Jakarta, seperti Bapindo Plaza, Chase Plaza, dan PT Farpoint Prima. Gunung Sewu Holding juga mengoperasikan perusahaan asuransi SequisLife.

(Berbagai sumber)

 

 

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section