1. HOME
  2. INSPIRATORY
BISNIS KARAOKE

Bisnis Karaoke Afgan Tawarkan Waralaba Rp4,5 Miliar

Baru setahun bisnis karaoke, Afgan sudah memiliki enam cabang dan satu outlet pertama di Gading Serpong.

By Dian Ardiahanni 27 Oktober 2015 14:24
Afgan Syah Reza memulai bisnis karaoke sejak tahun lalu (Kapanlagi)

Money.id - Melihat adanya potensi bisnis yang menggiurkan serta berawal dari hobinya, musisi Indonesia, Afgan Syah Reza mantap untuk merambah bisnis tempat karaoke keluarga. Usaha yang diberi nama De' Tones By Afgan ini mulai digelutinya sejak tahun lalu.

Agar tak salah langkah, sebelum benar-benar terjun, pria kelahiran 27 Mei 1989 ini menggali informasi tentang seluk beluk bisnis karaoke. Bahkan, ia pun meminta pendapat Rossa, teman seprofesinya yang telah lebih dulu membuka bisnis karaoke bernama Diva.

Dengan mengusung konsep 'Around The World', Afgan coba mengaplikasikan nuansa kota-kota di dunia dalam setiap ruangan tempat karaokenya. Beberapa kota yang menjadi pilihannya adalah Roma, Dubai, Las Vegas, dan Tokyo.

Outlet karaoke pertamanya terletak dikawasan Gading Serpong Boulevard, Tangerang. Saat ini, Afgan telah membuka enam cabang yakni di Kota Palembang, Prabumulih, Medan, Pontianak, dan Jambi.

Bintang film 'Refrain' ini pun berniat akan terus mengembangkan bisnis tempat karaokenya ke beberapa pelosok kota lainnya. Rencananya, Afgan akan melebarkan bisnisnya di Kota Lampung, Pontianak, Yogyakarta, dan Purwokerto.

Untuk memanjakan pengunjungnya, tempat karaoke Afgan yang mengusung motto “Singing Your Way” ini dilengkapi dengan sistem komputer sentuh, TV Led besar dan speaker yang canggih. Bahkan, Afgan mengaku menyediakan lebih dari 120 ribu koleksi lagu dari berbagai kategori, yang dipastikannya tidak melanggar hak cipta.

Sebab dalam berbisnis tempat karaoke, baginya hak cipta adalah persoalan yang penting. Selain karena pernah didaulat sebagai duta Hak Kekayaan Intelektual (HKI), tidak melanggar hak cipta adalah bentuk hormat dan menghargai karya musisi lainnya.

Soal daya tampung pengunjung, De' Tones menyediakan beberapa pilihan ukuran ruangan mulai dari Small untuk empat orang hingga Suite yang mampu menampung 24 pengunjung. Sedangkan soal biayanya, Afgan pun mematok harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp37-120 ribu.

Franchise

Bisnis karaoke Afgan juga mengajak para pengusaha untuk bermitra dengannya. Dengan sistem waralaba atau franchise, pengusaha yang tertarik berbisnis karaoke keluarga bisa turut meraup keuntungan dari De' Tones by Afgan.

Nilai investasi yang dibutuhkan untuk bisnis karaoke ini adalah sebesar Rp4,5 miliar. Biaya tersebut termasuk pembangunan sebuah outlet, diluar biaya sewa atau kepemilikan tempat, biaya perubahan struktur bangunan, biaya naik daya listrik, biaya pengadaan generator pembangkit tenaga listrik cadangan dan instalasinya, dan biaya perizinan.

Harga tersebut diperuntukkan bagi kapasitas sebanyak 25 ruangan. Selain biaya renovasi, harga yang dicantumkan di atas juga termasuk biaya pengadaan alat-alat elektronik di dalam ruangan, furniture, perlengkapan bar dan kitchen, sampai biaya-biaya yang dibutuhkan agar outlet tersebut dapat siap beroperasional.

Luas ruang ideal yang dibutuhkan dalam membangun sebuah outlet adalah setara dengan luas tiga ruko ukuran 5 meter x 15 meter atau setara dengan 675 meter persegi. Sedangkan lama pembangunan outlet diperkirakan sekitar 6-8 bulan tergantung dari luasan bangunan dan dimana daerah outlet tersebut dibangun.

Tertarik bermitra bisnis dengan Afgan? (dwq)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section