1. HOME
  2. INSPIRATORY
BISNIS KARAOKE

Bisnis Karaoke Maia Estianty Raup Rp1 Miliar per Bulan

Alegro f-KTV milik Maia kini memiliki tiga cabang di Jakarta dan dua cabang di Medan dan Batam.

By Dwifantya Aquina 27 Oktober 2015 11:31
Maia Estianty (Kapanlagi)

Money.id - Kiprah Maia Estianty di dunia hiburan sudah tak terbantahkan lagi. Namun belakangan ibu tiga anak ini semakin giat melebarkan sayap di dunia bisnis. Mulai dari krim perawatan wajah, jual beli apartemen, hingga tempat karaoke.

Bisnis karaoke dijajal Maia sejak 2011 lalu. Ia memilih nama Alegro, dari bahasa Italia yang berarti cepat. Harapannya, bisnisnya ini bisa melaju cepat seiring bisnis-bisnis karaoke lainnya yang menjamur di ibu kota.

Sejak dibuka empat tahun lalu, Alegro Family KTV sudah memiliki tiga cabang di Jakarta, yakni di Epicentrum Walk, Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk. Sementara dua cabang lainnya di buka di luar Pulau Jawa, yakni di Medan dan Batam.

"Alegro tetap menawarkan dua hal, eksklusivitas dan teknologi. Sekarang kami masih pakai android untuk pelayanannya. Nantinya kami akan pake Mac biar lebih canggih lagi," ujar Maia dalam sebuah kesempatan di Jakarta.

Pasar yang dibidik mantan istri musisi Ahmad Dhani ini untuk Alegro memang cukup premium. Tak tanggung-tanggung, segmen Alegro membidik para profesional muda, serta untuk kalangan keluarga besar yang berdomisili di kota besar.

Maia pun memastikan Alegro f-KTV yang dipimpinnya memiliki konsep berbeda dengan tempat karaoke pesaingnya. Konsep tersebut adalah karaoke keluarga dengan memanfaatkan teknologi informasi android dan ipad serta one stop entertainment. Tak hanya karaoke, Alegro juga menyediakan fasilitas play station, aneka film yang bisa ditonton di ruangan tersebut, serta fasilitas disk jockey (DJ), dan lounge.

“Karaoke ini mewah, berkelas dan berbasis teknologi android dan ipad,” kata ibu kandung Al, El dan Dul.


Alegro menyediakan ruangan dan lounge dengan fasilitas yang memadai seperti Internet Wifi, Screen Projector untuk kebutuhan mulai dari meeting, presentasi produk dan jasa, ulang tahun, arisan, launching produk, pesta dan lainnya. Khusus Room Deluxe, VIP dan VVIP menggunakan Screen Projector sebagai monitor.

Selain memiliki toilet tersendiri, di room VVIP terdapat fasilitas Sony Play Station 3 atau 4. Alegro membanderol tarif sewa ruangan mulai dari Rp35.000 hingga Rp400.000 per jam.


Sementara untuk makanan, terdapat 40 jenis makanan nasional dan internasional yang disajikan. Selain itu, Alegro juga memiliki fasilitas full bar. Untuk menu makanan, Alegro mematok di kisaran Rp25.000 hingga Rp150.000. Sementara, harga minuman mulai Rp12.000 hingga Rp4,5 juta.

Saat ditanya lagi mengenai hak cipta lagu-lagu yang ada di Alegro f-KTV dengan nada santai Maya menjelaskan pihaknya memiliki izin lengkap mulai dari pajak, dinas pariwisata, pemda. Bahkan Maia berseloroh dirinya sudah sowan ke Haji Rhoma Irama untuk izin menggunakan lagu-lagunya di tempat karaoke miliknya.

“Sebagai pengusaha karaoke kita duduk bareng bersama pengusaha karaoke lainnya yang tergabung dalam asosiasi. Kita pun sudah memiliki izin lengkap bahkan izin ke Bang Haji Irama karena lagu-lagunya itu ada disini,” kata dia.

Maia pun mengaku bisa meraup pendapatan hingga Rp1 miliar per bulan dari bisnis karaoke yang digelutinya.

Berapa harga paket investasi Alegro f-KTV?

Investasi kemitraan Alegro bisa dibilang cukup besar, yakni mencapai Rp8 miliar sampai Rp9 miliar. Dengan investasi ini, mitra akan memperoleh kerjasama penggunaan merek selama lima tahun, seluruh peralatan, interior dan dekorasi, perekrutan dan pelatihan karyawan, dan standar operasional.


Tapi, mitra yang ingin membuka gerai Alegro harus menyediakan tempat minimal 1.000 m2. Dengan biaya sewa tersebut, mitra berpeluang meraup omzet antara Rp500 juta hingga Rp900 juta tiap bulan. Dari jumlah omzet tersebut, mitra akan mendapatkan laba bersih sebesar 30 persen. Dengan perolehan ini, Alegro menjanjikan mitra balik modal 2,5 tahun. Alegro mengutip royalty fee sebesar 5 persen per bulan.

Ke depannya, Maia berencana ingin mengembangkan bisnis karaokenya hingga ke Makassar dan Palembang.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section