1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Tips Memilih Menu Makanan Agar Saat Puasa Tidak Lemas

Menurut Karen Carlotta, seorang celebrity chef, saat berpuasa Anda disarankan untuk menghidangkan masakan dan minuman yang kaya akan mineral.

By Azalia Amadea 3 Juni 2016 09:10
Chef Karen Carlotta (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Dalam hitungan hari umat Islam akan menjalani ibadah puasa di mana mereka akan menahan makan dan minum seharian. Tentunya tubuh akan terasa lemas dan dehidrasi akibat kekurangan cairan. Untuk mencegah hal tersebut dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang tepat agar tubuh tetap segar dan kuat menjalani puasa seharian.

Termasuk salah satunya dengan menyiapkan olahan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka. Lalu jenis makanan dan minuman apa sajakah yang tepat dikonsumsi saat berpuasa?

Menurut Karen Carlotta, seorang celebrity chef, saat berpuasa Anda disarankan untuk menghidangkan masakan dan minuman yang kaya akan mineral. Contohnya seperti sayur dan buah-buahan untuk mengganti ciaran tubuh yang hilang saat berpuasa.

"Biasanya tubuh saat puasa akan kehilangan banyak cairan, sehingga dapat terjadi dehidrasi. Untuk itu konsumsilah makanan dan minuman yang kaya akan mineral seperti sayur-sayuran dan buah," kata Karen Carlotta di sela-sela peluncuran Blue Band Cake and Cookie, Kamis 2 Juni 2016.

Selain itu, chef cantik yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah memasak di Singapura tersebut juga berbagi tips lain. Berikut tipsnya.

1. Masaklah menu sehat

Ketika berpuasa tubuh membutuhkan asupan makanan sehat untuk menjaga tetap kuat menjalani puasa seharian. Makanan sehat tersebut dapat berupa tumisan sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

Casie, panggilan akrabnya, menyarankan agar mengusahakan menyediakan menu sayuran saat sahur dan berbuka. Setelahnya Anda dapat menghidangkan buah-buah potong segar sebagai pencuci mulut.

2. Makanan berkuah

"Selain air putih, makanan berkuah juga sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa," kata ibu tiga anak tersebut. Anda dapat memasak sup sayur, lodeh, sayur asam, cap cay ataupun makanan berkuah lainnya seperti bakso kuah. Kuah-kuah dapat menggantikan asupan cairan yang hilang saat berpuasa. Selain itu tentunya juga disarankan untuk cukup minum air putih.

3. Makanan berlemak

Selain membutuhkan makanan berkuah, tubuh juga harus diasup lemak. Lemak yang dimaksudkan adalah lemak sehat yaitu lemak nabati dan hewani seperti mentega, keju, ayam, daging dan ikan. Kandungan lemaklah yang menjadi kunci utama agar tubuh tetap terlihat segar dan tidak lemas.

4. Berbuka dengan yang manis

Casie menambahkan, asupan tepat saat berbuka adalah mengonsumsi makanan yang manis. Kandungan gula dalam makanan manis dapat membantu tubuh kembali bertenaga.

"Usahakan saat berbuka puasa dengan makanan yang manis seperti kurma yang merupakan sumber gula alami yang baik untuk mengembalikan tenaga," ujarnya.

Tidak disarankan mengonsumsi gorengan saat berbuka karena kandungan minyak berlebih dalam gorengan tidak sehat bagi tubuh. Anda juga dapat berbuka dengan meminum segelas teh hangat manis dan memakan tiga buah kurma.

Tips di atas dapat membantu Anda menjalani ibadah puasa dengan lancar dan tubuh tetap terlihat segar. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section