1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Dia Deretan Penyebab Rambut Rontok

Tidak mudah menemukan cara yang tepat untuk mencegah kerontokan rambut.

By Desy Afrianti 30 Mei 2016 13:14
Ilustrasi rambut/embellishyou.com.au

Money.id - Setiap orang pasti pernah mengalami rambut rontok. Tetapi, jika terlalu banyak bisa berbahaya karena dapat membuat kepala Anda botak. Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kekurangan nutrisi sampai stres.

Kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Tidak mudah menemukan cara yang tepat untuk mencegah kerontokan rambut. Namun bila mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda mengurangi kerontokan rambut tersebut. Berikut beberapa penyebab kerontokan rambut.

Kekurangan nutrisi

Nutrisi yang sehat dan cukup merupakan salah satu hal penting bagi kesehatan tubuh, termasuk rambut. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan nutrisi Anda, khususnya berbagai vitamin A,B, C, dan E yang sangat diperlukan oleh rambut.

Kekurangan vitamin A dapat membuat rambut kering dan mudah rontok. Vitamin B6 berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin C dapat memperkuat rambut.

Vitamin E berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah yang menuju ke kepala. Kekurangan berbagai vitamin tersebut dapat mengganggu pertumbuhan rambut dan mengakibatkan rambut mudah rontok. Oleh karena itu, konsumsilah berbagai sayur dan buah-buahan yang kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Bila perlu konsumsilah suplemen multivitamin.

Kehamilan

Tahukah anda bahwa rambut memiliki penampilan terbaiknya selama kehamilan? Rambut mempunyai tiga tahap kehidupan, yaitu tumbuh memanjang, berhenti bertumbuh, dan kemudian rontok. Pada saat kehamilan, berbagai perubahan hormonal membuat rambut terus bertumbuh memanjang dan tidak rontok.

Disarankan untuk menghindari pemakaian berbagai bahan kimia selama kehamilan, terutama pada trimester pertama kehamilan. Berbagai bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut, pelurus rambut, ataupun obat keriting ditakutkan dapat membahayakan kesehatan dan pertumbuhan normal bayi anda.

Anda tidak perlu mengganti sampo atau berbagai perawatan rambut harian, kecuali untuk beberapa sampo anti ketombe dan sampo yang mengandung kortikosteroid. Untuk pemakaian kedua sampo tersebut disarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tiga sampai enam bulan setelah melahirkan, rambut akan mulai rontok. Kerontokan ini dapat sangat banyak atau hanya sedikit. Hal ini merupakan suatu hal yang normal terjadi pada ibu pasca melahirkan.

Jangan takut bahwa Anda akan menjadi botak. Setelah melahirkan, siklus kehidupan rambut akan kembali normal kembali. Apalagi penyebab kerontokan rambut? Baca penyebab lainnya di sini

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section