1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Berhenti dari Sekarang, Ini Cara Efektif Atasi Kecanduan Rokok

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk itu.

By Desy Afrianti 31 Mei 2016 13:43
Ilustrasi rokok

Money.id - Rokok merupakan salah satu kebiasaan yang paling sulit dihilangkan. Dibutuhkan tekad dan kemauan kuat untuk menghentikannya.

Bagi yang berniat berhenti merokok, di bawah ini terdapat beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk itu.

Tunggu

Setiap kali merasa ingin merokok, katakanlah pada diri Anda untuk menunggu selama 10 menit dan lakukanlah hal lainnya. Hal ini pada akhirnya akan membuat Anda melupakan keinginan tersebut. Lakukan dan ulangilah hal ini sesering mungkin.

Jangan tergoda

Buanglah jauh-jauh pikiran bahwa Anda hanya akan merokok satu batang saja. Bila tergoda dan akhirnya mulai merokok, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk berhenti. Dari satu batang rokok, Anda dapat meneruskannya menjadi beberapa batang hingga satu bungkus, yang pada akhirnya membuat Anda kembali merokok.

Kenali pemicu Anda

Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda mengenai kapan mereka biasa merokok. Bila terbiasa merokok setelah makan atau saat menonton televisi, maka pada saat-saat inilah Anda akan merasakan keinginan yang kuat dan sulit ditahan untuk merokok.

Pada saat-saat seperti ini, sebaiknya Anda melakukan hal lainnya. Setelah makan, Anda dapat mengunyah permen untuk menghentikannya. Saat menonton televisi, Anda dapat menggantikan kebiasaan merokok dengan mengisap permen atau memakan buah-buahan.

Olahraga

Berolahraga dan tetap menyibukkan diri dapat membuat Anda melupakan keinginan untuk merokok. Berolahragalah selama 30 menit setiap harinya, hal ini dapat membantu Anda mengurangi keinginan merokok.

Bila tidak menyukai olahraga, Anda dapat melakukan kegiatan lain yang Anda sukai, seperti membaca, menulis, menjahit, atau hal lainnya yang dapat membuat Anda sibuk sepanjang hari dan melupakan keinginan merokok. Masih banyak cara untuk mengatasi kecanduan rokok. Baca tips lainnya di sini.

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section