1. HOME
  2. NEWS
KESEHATAN

Luka Tak Kunjung Sembuh, Begini Perawatan bagi Penderita Diabetes

Penurunan daya tahan tubuh membuat penderita diabetes lebih mudah terkena infeksi.

By Desy Afrianti 23 Mei 2016 15:45
Ilustrasi diabetes

Money.id - Bagi para penderita diabetes, menjalani hidup sehat adalah suatu kewajiban. Diet, olahraga, menjaga berat badan serta mengontrol gula darah juga merupakan hal yang harus dilakukan.

Akan tetapi, yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan beberapa bagian tubuh lainnya yang seringkali mengalami komplikasi akibat diabetes, seperti kaki, kulit, mata, gusi dan gigi, serta jantung.

Berbagai infeksi atau luka dapat terjadi pada kulit seperti akibat jamur pada kulit kaki atau kuku jari kaki. Begitu juga dengan luka lecet, kapalan, kulit kering, juga sering terjadi. Diperlukan penanganan khusus terhadap berbagai masalah di atas pada penderita diabetes.

Gangguan tersebut disebabkan oleh banyak hal, seperti kerusakan saraf yang terjadi--membuat mati rasa--tidak dapat merasakan nyeri. Karena sebab itulah penderita tidak mengetahui bahwa kakinya terluka. Selain itu, aliran darah yang buruk ke kaki membuat luka sulit sembuh atau lama sembuh.

Penurunan daya tahan tubuh membuat penderita diabetes lebih mudah terkena infeksi. Kerusakan saraf pada otot kaki dapat menyebabkan gangguan berjalan. Hal ini membuat penderita harus berjalan dengan posisi tertentu yang mungkin dapat membuat kaki terluka. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kaki untuk penderita diabetes? Lihat cara merawat tubuh bagi penderita diabetes di sini

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section