1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Seberapa Penting Cuci Tangan di Bulan Ramadan?

"...pada saat berpuasa, pertahanan tubuh menurun dikarenakan..."

By Rizki Astuti 2 Juni 2016 07:03
Ilustrasi Mencuci Tangan (Pixabay)

Money.id - Mencuci tangan adalah salah satu cara paling mudah mencegah penyakit yang ditularkan lewat tangan. Berbagai jutaan bakteri dapat ditularkan lewat tangan, sehingga menimbulkan penyakit seperti diare, batuk, pilek, dan radang tenggorokan. 

Meski telah menyadari pentingnya mencuci tangan dengan sabun, namun masih banyak masyarakat yang tidak melakukan hal tersebut. Nah menyambut bulan Ramadan, ternyata kebiasaan mencuci tangan penting dilakukan. 

"Apalagi pada saat berpuasa, pertahanan tubuh menurun dikarenakan kebutuhan cairan kurang tercukupi, asupan makanan sehat yang kurang diperhatikan, serta perubahan dan kadang kurangnya jam tidur," ujar Melyarna saat konfrensi pers peluncuran edukasi pentingnya mencuci tangan oleh Lifebuoy, Rabu 1 Juni 2016, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. 

Dokter umum dari Klikdokter, Melyarna Putri mengatakan, menerapkan kebiasaan mencuci tangan bukan hanya penting dilakukan untuk orang dewasa saja. Tapi juga bagi anak-anak yang sedang belajar berpuasa di bulan Ramada. 

Apalagi banyak momen penting untuk mencuci tangan seperti saat menunggu waktu berbuka, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, kemudian menyantap makanan berbuka puasa. 

"Dengan menjadikan cuci tangan sebagai rutinitas, anak-anak akan diajarkan untuk terbiasa menjadikan kebiasaan baik ini setiap hari. Cuci tangan juga mengajarkan untuk lebih disiplin," katanya. (els)

BACA JUGA

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section