1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Tips Sederhana Atasi Tekanan Darah Tinggi

Ternyata seseorang dapat mengatasi tekanan darah tinggi tanpa harus mengonsumsi obat.

By Azalia Amadea 31 Oktober 2016 09:22
Ilustrasi tekanan darah tinggi (pixabay.com)

Money.id - Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang mematikan. Bahkan penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor misalnya pemilihan makanan yang akan dikonsumsi.

Secara medis, tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis yang berpotensi menaikkan risiko penderitanya mengalami banyak penyakit seperti jantung, stroke dan gagal ginjal. Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai silent killer karena tidak memiliki gejala.

Meskipun ada banyak obatnya, tetapi seseorang dapat mengatasi tekanan darah tinggi tanpa harus mengonsumsi obat. Cukup dengan mengubah pola gaya hidupnya. Melansir laman zee-news.india.com, Senin 31 Oktober 2016, berikut tips sederhana atasi tekanan darah tinggi.

Joging 

Joging setiap hari memberikan banyak manfaat kesehatan, meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah. Setiap kegiatan fisik yang memperkuat jantung dapat membantu menurunkan tekanan darah karena darah terpompa lebih banyak.

Yoghurt 

Yogurt
© 2016 money.id/pixabay.com

Mengkonsumsi yoghurt setiap hari bisa mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Pisang

Sertakan makanan kaya kalium seperti pisang dalam diet harian Anda. Buah ini mampu mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.

Kurangi garam

Usahakan tidak terlalu banyak mengkonsumsi garam karena akan meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kurangi berat badan

Jika ingin mengatasi masalah tekanan darah tinggi maka kurangi atau turunkan berat badan. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras dan itu dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Berhenti merokok

Jika Anda perokok dan menderita tekanan darah tinggi, salah satu cara terbaik untuk menjaga tekanan darah adalah dengan berhenti merokok. Rokok merangsang tubuh memproduksi adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section