1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Minum Banyak Air Putih Tidak Sehat, Benarkah?

Minum air putih terlalu banyak akan menyebabkan...

By Rizki Astuti 20 Oktober 2016 09:07
Minum Air Putih (Boldsky)

Money.id - Air putih dianggap agen alam yang paling handal dalam membersihkan tubuh kita. Setiap kali kita menderita suatu penyakit, asupan air putih selalu diresepkan sebagai cara pengobatan yang paling efektif.

Namun ada juga sisi negatif dari minum air putih. Karena mengkonsumsi terlalu banyak air putih dapat menyebabkan keracunan air dan bisa berakibat fatal.

Sebuah studi terbaru di Monash University di Australia telah menemukan efek buruk minum banyak air putih. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi saran kesehatan yang menganjurkan kita minum air putih sebanyak delapan gelas dalam sehari.

Dalam studi itu, kehadiran cairan berlebihan dalam tubuh akan membuat otak mengaktifkan mekanisme untuk menghambat menelan lebih banyak air. Sehingga disarankan untuk minum air setiap kali seseorang merasa haus.

Melansir dalam laman Boldsky, Kamis 20 Oktober 2016, berikut ini beberapa efek yang akan terjadi jika terlalu banyak minum air putih.

1. Keracunan Air (Hiponatremia)

Minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan air atau hiponatremia yang disebabkan ketika tingkat natrium dalam darah menjadi sangat rendah. Hal ini berpotensi menyebabkan lesu, mual, kejang, dan bahkan koma. Selain itu juga bisa menyebabkan gangguan serius dalam fungsi otak.

2. Hidrasi Berlebihan

Hidrasi bisa diketahui melalui tes darah atau urine. Gangguan ini disebabkan oleh minum cairan secara berlebihan. Hidrasi berlebihan ini akan mempengaruhi kerja ginjal dan jantung.

Hindari minum air putih lebih dari satu liter per jamnya. Minum lebih banyak air sebelum dan selama melakukan aktivitas yang menguras tenaga sehingga Anda tidak perlu 'balas dendam' setelahnya.

3. Kadar Air Minum

Ginjal orang dewasa dapat menyerap 0,7 sampai 1 liter air dalam satu jam. Jadi, itulah ukuran air yang bisa diminum dalam satu jam. Karena itulah, seseorang tidak boleh minum lebih dari 1,4 liter dalam satu jam, menurut pedoman kesehatan militer Amerika Serikat. (dwq)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section