1. HOME
  2. FRESH
FRESH

9 Gaya Hidup yang Bisa Menyehatkan Otak

Dengan mengikuti langkah ini, Anda bisa mendapatakan otak yang sehat

By Nur Chandra Laksana 3 April 2016 09:03
Ilustrasi Minum Air (fitlive.tv)

Money.id - Kebanyakan orang hanya berfikir untuk meningkatkan kesehatan fisik saja. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang sadar untuk meingkatkan kesehatan otak mereka.

Sama seperti ketika Anda makan agar sehat dan olah raga untuk tetap fit, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan agar otak bisa bekerja lebih cepat, konsentrasi semakin tajam, ingatan menjadi kuat, dan pikiran lebih cerdas.

Seprti dikutip dari laman Business Insider, seorang ahli gizi di London Institute of Optimum Nutrition, Naomi Mead menunjukkan 9 gaya hidup yang bisa mengubah otak agar bisa lebih powerful.


Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing dapat meningkatkan kesehatan otak dan memiliki efek positif pada kecerdasan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Neurology pada Juni 2014.

"Ini tantangan bagi otak untuk mengenali bahasa, mengerti maknanya, dan mengomunikasikannya dalam bahasa yang berbeda. Dan dengan melakukan hal ini, akan meningkatkan fungsi otak," kata Mead.

Belajar bahasa asing juga bisa meningkatkan ukuran hippocampus - sebuah daerah di otak yang berfungsi membentuk, menyimpan, dan mengambil kenangan atau ingatan.


Minum banyak air

Air tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga penting untuk menjaga otak tetap tajam.

"Otak terdiri dari 80% air, sehingga untuk tetap menjaganya tetap tajam, Anda harus minum air terus sepanjang hari," kata Mead. "Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kelelahan, dan air adalah booster otak yang terkadang sangat diremehkan."

Selain minum banyak air, Mead merekomendasikan makan buah yang mengandung banyak air seperti tomat, semangka, selada, bayam, dan mentimun.


Latih otak dengan game dan puzzle

"Otak itu seperti otot, Anda perlu melatihnya secara teratur agar tetap fit," kata Mead. "Game dan puzzle seperti sudoku, teka-teki silang, soal matematika dan permainan papan akan melatih otak dan membantunya untuk tetap tajam."

Game dan puzzle juga membantu merangsang aktivitas otak, berpikir, dan mengingat. Selain itu game dan puzzle juga bisa meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua lanjut.


Olah raga secara teratur

Olah raga sangat bermanfaat tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga untuk otak Anda.

"Menjadi sehat secara fisik berarti Anda memiliki hati yang bagus dan kapasitas paru-paru yang baik sehingga memastikan otak mendapat suplai oksigen yang banyak. Hal ini akanĀ  meningkatkan fungsi otak," kata Mead. "Olah raga teratur juga dapat membantu meningkatkan ingatan dan fungsi kognitif pada orang tua."

Temuan dari studi terbaru yang dipublikasikan dalam The Journal of Physiology - yang menguji dampak neurologis dari berbagai jenis latihan pada tikus - memperlihatkan bahwa latihan aerobik seperti berjalan merupakan olah raga terbaik untuk meningkatkan kesehatan otak.


Banyak membaca

"Membaca secara teratur meningkatkan fungsi ingatan dalam otak, dan juga meningkatkan pengetahuan," kata Mead. Dia merekomendasikan membaca berbagai literatur untuk menantang otak. "Semakin banyak jumlah dan jenis bacaan semakin lebih baik."


Bermeditasi

"Meditasi dalam jangka panjang dapat memperkuat hubungan antara sel-sel otak, dan ini terkait dengan pemrosesan informasi yang lebih cepat," jelas Mead. "Bermeditasi teratur juga telah terbukti meningkatkan jumlah materi abu-abu di otak. Materi abu-abu ini terkait dengan stabilitas emosional, kemampuan untuk mengatasi stres, dan kecerdasan."

Bermeditasi juga dapat membantu menurunkan kadar IL-6, zat stres dalam otak yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan yang berpotensi di masa depan.


Belajar bermain musik

Belajar memainkan alat musik dapat membantu meningkatkan ingatan dan mempertajam konsentrasi Anda.

"Ada bukti yang berkembang bahwa musisi memiliki struktural dan fungsional otak yang berbeda dibandingkan dengan yang non-musisi," kata Mead. "Secara khusus, area otak yang mengontrol keterampilan motorik, pendengaran, menyimpan informasi audio dan ingatan."

Berlatih secara teratur juga dapat membantu Anda untuk menjadi lebih sabar dan meningkatkan konsentrasi, menurut Mead.


Minum teh hijau

Beralih ke teh hijau bisa meningkatkan fungsi kognitif otak. Mead menunjuk sebuah studi 2014 yang diterbitkan di Psychopharmacology, yang menemukan bahwa subjek penelitian yang secara teratur mengkonsumsi ekstrak teh hijau menunjukkan peningkatan konektivitas antara daerah-daerah tertentu dalam otak, yang berhubungan dengan peningkatan kinerja pada tugas mengingat dibandingkan dengan plasebo.


Tidur malam berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan otak Anda.

"Tidur yang kurang dapat berdampak negatif pada daya ingat, mempengaruhi proses berpikir sehari-hari, dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengatasi stres," kata Mead.

Otak Anda mengkonsolidasikan ingatan dan memproses informasi saat Anda tidur, jelasnya. Dengan mendapatkan tidur yang cukup berarti Anda dapat belajar dan berfungsi secara efektif sepanjang siang hari.

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section