1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Cegah Bakteri Berkembang dengan Antibiotik Alami

Antibiotik alami dapat mencegah tubuh dari serangan penyakit seperti demam, flu dan batuk.

By Azalia Amadea 1 April 2016 18:20
Ilustrasi penggunaan antibiotik (Foto: livestrong.com)

Money.id - Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mencegah tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang dalam tubuh. Peran antibiotik adalah untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Antibiotik sering diberikan oleh dokter saat kita jatuh sakit. Tapi tahukah Anda? bahwa antibiotik memiliki efek samping. Sering meminum antibiotik membuat tubuh menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik dan obat-obatan.

Penggunaan antibiotik berlebih akan membuat bakteri resisten terhadap obat-obatan. Solusi yang tepat adalah menggunakan antibiotik alami sebagai penggantinya.

Bahan-bahan alami sangat dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit dan tidak menimbulkan efek samping. Antibiotik alami ini dapat dikatakan jamu dari segala penyakit.

Melansir dalam laman boldsky.com Jumat 1 April 2016 berikut daftar antibiotik alami yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan membangun sistim kekebalan tubuh agar lebih baik.

1. Kunyit
Kunyit dapat menjadi obat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri penyebab penyakit dan membantu menaikan mekanisme pertahanan alami tubuh. Kunyit juga dapat membantu mencegah infeksi saat luka.

2. Jahe
Jahe juga salah satu bahan herbal alami yang dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai infeksi akibat bakteri. Jahe sangat efektif untuk menyembuhkan tubuh dari penyakit yang mengganggu pernafasan seperti flu dan batuk.

3. Neem
Daun neem dapat menjadi bahan antibiotik alami yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Daun yang mirip dengan pakis ini membantu memerangi bakteri dari waktu ke waktu. Neem juga dapat mengobati masalah seperti gigi berlubang dan gusi bengkak.

4. Madu
Si manis satu ini juga merupakan antibiotik alami. Madu memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, kandungan tersebut bekerja sebagai peningkat sistim imune. Maka dari itu, madu dapat membuat bakteri sulit berkembang.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki sifat antijamur dan antivirus yang dapat menangkal radikal bebas yang ingin masuk ke tubuh. Minyak zaitun juga baik untuk kecantikan yaitu melembapkan kulit dari dalam.

6. Minyak oregano
Oregano efektif dalam mengobati tubuh yang terlanjur resisten terhadap obat-obatan. Minyak oregano mengandung antiseptik, antioksidan, antivirus, antijamur dan antiparasit.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section