1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mandi Matahari Bisa Memperpanjang Usia

Orang yang jarang berjemur matahari memiliki risiko yang sama seperti orang yang merokok.

By Dian Rosalina 3 April 2016 08:24
Ilustrasi Berjemur (NationalGeographic.co.id)

Money.id - Menurut sebuah penelitian, 'mandi matahari' atau sunbathing bisa memperpanjang usia. Selama ini banyak yang memberi rekomendasi agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Sebab, sinar matahari dengan ultraviolet-nya bisa menyebabkan kanker.

Namun dilansir dari laman Aksmen, Minggu 3 April 2016, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa jarang terkena sinar matahari juga sama berbahayanya dengan merokok.

Dalam penelitian baru yang dipublikasikan di Journal of Internal Medicine akhirnya menjawab pertanyaan: apakah mereka yang suka berjemur benar-benar hidup lebih lama?

Dari data hampir 30.000 wanita yang diteliti selama 20 tahun, para peneliti menegaskan bahwa mereka jarang yang mati muda. Artinya, di kalangan wanita yang suka mandi matahari atau berjemur di pantai, tingkat harapan hidup mereka cukup tinggi.

Peneliti menemukan mereka memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung dan kematian yang dikaitkan dengan kanker. Temuan lainnya mengungkapkan bahwa menghindari matahari bisa berakibat buruk bagi kesehatan seperti merokok.

"Kami menemukan perokok memiliki risiko yang sama seperti non-perokok yang menghindari paparan sinar matahari. Ini menunjukkan menghindari paparan sinar matahari menjadi faktor risiko yang sama besarnya dengan merokok," kata Dr. Pelle Lindqvist, penulis utama penelitian tersebut.

Dia menambahkan bahwa saran untuk menghindari sinar matahari terdengar seperti terlalu membatasi dan mungkin lebih memberikan dampak buruk daripada baik bagi kesehatan kita.

Penelitian ini tidak bisa menyimpulkan apakah vitamin D atau efek lain dari paparan sinar matahari, memberikan penjelasan lebih jauh tentang temuan ini.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section