1. HOME
    2. FRESH
MONEY WEEKEND

Asah Bakat 'Murah' di Kota Seni Suropati

"Ada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang rutin dilakukan setiap hari Minggu, jam 2 siang."

By Stella Maris 1 April 2016 18:30
Taman Suropati (rhmdzhrs.wordpress.com)

Money.id - Taman Suropati bukan sekadar taman rindang dengan sejumlah hiasan patung atau karya seni yang jadi penanda semangat ASEAN saja. Lebih dari itu, taman ini menjadi lokasi para pecinta seni yang tergabung dalam Komunitas Kota Seni Suropati.

Ya, sejumlah aliran seni dihadirkan oleh Kota Seni Suropati, mulai dari musik, seni rupa, hingga sastra. Kota Seni Suropati menjadi perantara bagi mereka yang punya minat dan bakat dibidang seni.

"Komunitas ini punya divisi yang menaungi beberapa seni. Ada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang rutin dilakukan setiap hari Minggu, jam 2 siang," kata Koordinator Divisi Musik, Denmay Youry saat berbincang dengan Money.id, Jumat 1 April 2016.

(Denmay Youry/Instagram)

Meski aktivitas belajar mengajar dilakukan di taman ini, namun metode pembelajaran yang diberikan tak kalah dengan sekolah musik formal pada umumnya. Satu hal yang membedakannya adalah, biaya yang harus dikeluarkan ketika ilmu dibagikan oleh Kota Seni Suropati.

"Ada semacam iuran per bulan Rp150 ribu untuk semua divisi (musik dan seni rupa). Kalau orang enggak mampu pun kita engga tarik biaya. Di sini ada subsidi silang," jelas Youry.

Seni Tak Kenal 'Kelas'
Komunitas yang berdiri sejak 2007 ini telah memiliki sekitar 80 anggota mulai dari rentang usia enam tahun dan tak terbatas. 

"Kami tak membatasi usia bagi anggota. Intinya kami ada untuk sharing, belajar bareng. Kalau baru belajar, pasti diajarkan dari basic, dan lainnya akan meneruskan ke level selanjutnya," kata Youry.

Jadi di tempat ini, Anda bisa mengasah bakat di bidang musik seperti vokal, biola, cello, alto, gitar klasik, dan gitar akustik. Kota Seni Suropati menghadirkan KBM seni rupa, seperti sketch, mural, lukis kaca, bahkan cukil, temasuk sastra. 

Youry menjelaskan, mereka yang sudah menjadi anggota Kota Seni Suropati dan ikut KBM akan diberikan evaluasi. "Dilakukan setiap empat bulan sekali. Kalau musik ada home concert, seni rupa ada pameran, dan sastra juga ada penampilannya."

Next: Tenaga pengajar tak kalah dengan sekolah formal, meski hanya dibayar...

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section