1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, Ini Tips Atasi Masalah Tekanan Darah Tinggi

Selain joging, jangan lupa untuk konsumsi yoghurt dan...

By Rizki Astuti 1 November 2016 13:05
Ilustrasi periksa tekanan darah (zeenews.india.com)

Money.id - Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Ya, tekanan darah tinggi di mana kondisi medis kronis yang berpotensi mengalami banyak masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai silent killer atau pembunuh senyap karena tidak memiliki gejala. Meskipun ada banyak obatnya, tetapi seseorang dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi tanpa perlu minum obat. Caranya dengan hanya membuat perubahan dalam gaya hidupnya.

Melansir dalam laman Zeenews.India, Selasa 1 November 2016, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi:

Joging

Joging setiap hari memberikan banyak manfaat kesehatan, meningkatkan penyerapan oksigen, dan menurunkan tekanan darah. Setiap kegiatan fisik yang memperkuat jantung dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena darah terpompa lebih banyak dengan sedikit usaha.

Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt setiap hari bisa mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Pisang

Jangan lupa untuk makan makanan kaya kalium seperti pisang dalam diet harian Anda. Buah ini mampu mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.

 

Kurangi konsumsi garam

Usahakan tidak terlalu banyak mengkonsumsi garam karena akan meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri yang mengarah ke tekanan darah tinggi.

Kurangi berat badan

Jika ingin mengatasi masalah tekanan darah tinggi maka kurangi atau turunkan berat badan. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras dan itu dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Berhenti merokok

Jika Anda perokok dan menderita tekanan darah tinggi, salah satu cara terbaik untuk menjaga tekanan darah adalah berhenti merokok. Rokok merangsang tubuh memproduksi adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah, membuat jantung bekerja lebih keras. 

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section