1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Coba Yuk, Resep Asli Empal Gentong H Apud Cirebon

Ini resep dan tips rahasia resep Empal gentong H Apud khas Cirebon...

By Azalia Amadea 25 April 2016 15:32
Sajian empal gentong (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Siapa yang tidak tahu dengan sajian khas daerah Cirebon, empal gentong? Sajian ini mirip dengan gulai (gule) yang dimasak menggunakan kayu bakar serta memakai gentong dari tanah liat.

Di Cirebon makanan ini sangat populer, salah satu tempat makan empal gentong yang populer adalah milik H Apud. Empal gentong H Apud sudah ada sejak 1996.

Makanan ini merupakan salah satu kuliner legendaris Indonesia. "Rahasia empal gentong milik kami adalah kesegaran bumbu-bumbu yang digunakan, setiap hari bumbu yang digunakan baru beli di pasar dan manisnya menggunakan gula merah asli," kata Apud pemilik Rumah Makan Empal Gentong H Apud yang ditemui Money.id dalam acara peluncuran Bango Mobile Site di Jakarta, Senin 25 April 2016.

Bagi Anda yang juga menggemari sajian empal gentong, coba yuk resep asli Empal Gentong H Apud Cirebon.

Bahan-bahan:
- 200 gram daging sapi
- 200 gram jeroan sapi
- 2 liter santan kelapa

Bumbu yang dihaluskan:
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 cm kunyit
- 2 butir kemiri

Bumbu yang dimemarkan:
- 2 cm lengkuas
- 2 cm jahe
- 2 cm kayu manis
- 3 lembar daun salam
- 1 batang serai

Bumbu pelengkap:
- garam
- gula merah
- penyedap rasa
- air, untuk merebus
- minyak, untuk menumis

Cara memasak:
1. Potong daging sapi dengan ukuran sesuai selera kemudian dicuci bersih, tiriskan. Rebus daging sapi dan jeroan sapi secara terpisah sampai matang dan empuk
2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan menggunakan sedikit minyak sampai harum. Masukan lengkuas, jahe, kayu manis, serai dan daun salam.
3. Kemudian masukan daging sapi dan jeroan yang sudah direbus ke dalam bumbu. Tambahkan gula merah , garam dan penyedap rasa, aduk hingga rata
4. Diamkan kurang lebih selama 30 menit sampai bumbu meresap ke daging dan bau kunir (kunyit) tidak tercium lagi.
5. Setelah bumbu meresap masukan santan dan tunggu sampai sekitar 15 menit atau hingga santan berminyak. Masak hingga mendidih berkali-kali sampai tidak tercium lagi aroma santan
6. Empal gentong siap disajikan dengan irisan daun bawang, daun kucai, dan bawang goreng.

Tips rahasia:
• Daging sapi dapat diganti dengan daging kepala yang lebih banyak mengandung lemak sehingga akan menghasilkan kuah yang lebih berminyak.
• Untuk santan, sebaiknya gunakan kelapa segar yang baru diperas sehingga terjamin kesegarannya. Pilih kelapa yang tidak terlalu muda dan tidak tua untuk mendapatkan kualitas santan yang baik. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section