1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini Waktu Tepat Ganti Motor Kesayangan dengan Mobil

Ada kalanya motor yang Anda gunakan sudah tidak lagi menunjang kebutuhan hidup dan harus diganti dengan mobil.

By Dwifantya Aquina 6 Oktober 2016 11:08
Mobil baru dengan harga miring bisa Anda temukan di pameran-pameran mobil (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Bagi penduduk kota yang terbiasa dengan kemacetan lalu lintas dan minimnya daya dukung transportasi publik, motor adalah solusi yang praktis. Dengan mengendarai motor, warga kota Jakarta, misalnya, bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan nyaman.

Namun, ada kalanya motor yang Anda gunakan sudah tidak lagi menunjang kebutuhan hidup dan harus diganti dengan mobil. Berikut ini 5 alasan yang membuat Anda harus mengganti motor dengan mobil baru seperti dikutip dari CekAja.com:

Istri mengandung

Jika Anda atau istri Anda sedang mengandung, ini adalah momen yang tepat untuk mengajukan kredit mobil. Sebab, akan terlalu berisiko bila Anda atau pasangan Anda beraktivitas menggunakan motor atau kendaraan umum. Mobil juga akan diperlukan ketika bayi dalam kandungan sudah dilahirkan.

Bila ada keperluan yang mengharuskan si bayi diajak berpergian, akan lebih nyaman dan aman menggunakan mobil pribadi. Bayi yang masih rentan penyakit juga terhindar dari polusi udara dan risiko cuaca yang bisa membuatnya sakit. (Baca juga: 5 Penyebab Bisnis Online yang Kamu Jalankan Gagal Mendatangkan Untung)

Usia semakin lanjut

Saat masih muda, beraktivitas menggunakan motor memang terasa mengasyikkan. Namun, ketika usia Anda sudah semakin lanjut, berkomuter menggunakan motor sudah tidak sehat dan aman untuk Anda. Nah, mumpung Anda masih produktif kenapa tidak mencoba membeli mobil secara kredit.

Alasannya, pembelian barang dengan nilai tinggi tidak lagi cocok dilakukan saat pensiun. Jadi, tidak ada salahnya menyiapkan kebutuhan masa pensiun sejak saat ini. Apalagi bila waktu pensiun sudah menjelang 4 tahun atau 5 tahun lagi.

Usaha semakin berkembang

Alasan yang satu ini sangat masuk akal. Ketika bisnis Anda semakin berkembang Anda tidak mungkin lagi mengandalkan motor sebagai transportasi. Sebab, kapasitas atau daya tampung motor terbatas. Lain halnya bila Anda membeli mobil untuk usaha seperti mobil boks. Selain bisa digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari, Anda juga bisa mengangkut barang kebutuhan bisnis.

Ingin cari pekerjaan sampingan

Bagi Anda yang memiliki mobil pribadi, saat ini sudah banyak alternatif yang bisa Anda jajal untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Salah satunya adalah menjadi sopir taksi online. Keuntungan yang diperoleh cukup lumayan bahkan bisa digunakan untuk membayar cicilan kredit kendaraan yang Anda ajukan. Cukup bekerja selama beberapa jam di waktu lowong, penghasilan tambahan yang Anda perlukan bisa diperoleh.

Rumah jauh dari kantor

Bila keberadaan mobil semakin mendukung aktivitas kerja Anda, maka sudah seharusnya Anda tidak berpikir dua kali untuk membeli mobil. Apalagi, bila rumah yang Anda tempati sekarang jauh dari tempat kerja dan tidak memiliki akses transportasi umum memadai. Dibandingkan harus menyewa kost atau mengontrak rumah yang dekat dengan kantor atau tempat pekerjaan, akan lebih bijak jika uang yang tersedia digunakan untuk mencicil mobil. (Baca juga: 7 Tanda Kalau Kamu Akan Jadi Orang Sukses)

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section