1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ini 3 Strategi Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan

Karena deposito cocok untuk menjadi investasi pemula. Selain mudah dijalankan, risikonya pun sangat minim.

By Dian Rosa 26 September 2016 08:15
Ilustrasi Deposito (2byou)

Money.id - Banyak yang belum tahu, deposito sejatinya adalah investasi yang menguntungkan. Namun, Anda harus tepat menentukan jenis deposito, jangka waktu, dan penyaluran deposito. Bagi Anda yang ingin berinvestasi, cobalah untuk berinvestasi dengan deposito.

Karena deposito cocok untuk menjadi investasi pemula. Selain mudah dijalankan, risikonya pun sangat minim. Walaupun minim risiko, bukan berarti investasi ini jadi minim keuntungan. Dikutip dari Aturduit, Senin 26 September 2016, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mengubah deposito jadi investasi menguntungkan, berikut ulasannya.

Jangan Salah Memilih Deposito

Di Indonesia umum, dikenal tiga jenis deposito yaitu deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposito on call. Dari ketiga jenis deposito tersebut, deposito berjangka masih jadi primadona. Alasannya karena jenis deposito ini memiliki jangka waktu bervariasi. Di samping itu, proses pendaftaran deposito berjangka sangat mudah dan cocok bagi investor pemula.

Periode Jangka Waktu

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi deposito, putuskan dahulu tujuan investasinya mau jangka panjang atau pendek. Deposito jadi investasi menguntungkan bila dipergunakan dalam jangka panjang. Untuk itu, jangan sampai salah memilih periode jangka waktu jika ingin deposito jadi investasi menguntungkan.

Investasi deposito Anda bisa lebih menguntungkan asal pintar memilih jangka waktu atau time deposit saat meletakkan deposito. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui kapan Anda akan membutuhkan dana tersebut. Beri target berapa lama uang Anda akan didepositokan dan hitung bunga yang diperoleh setelah time deposit berakhir.

Menyalurkan Dana Deposito

Cara paling ampuh untuk mengubah deposito jadi investasi menguntungkan ialah pembagian dana. Apabila Anda memiliki uang banyak, lebih baik menyalurkannya pada lumbung deposito berbeda. Ajukan saja deposito dengan berbagai periode jangka waktu. Strategi ini menguntungkan karena memiliki akses likuiditas sebagian dari dana yang Anda miliki, dan melindungi dari fluktuasi tingkat suku bunga.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section