1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini Ciri Orang yang Wajib Dilindungi Asuransi

Mau tahu tipe orang seperti apa yang masuk dalam kategori ini? Baca artikelnya sampai selesai.

By Dwifantya Aquina 29 September 2016 11:02
Asuransi sangat penting bagi pekerja (vikingmergers.com)

Money.id - Dibandingkan kebanyakan orang pada umumnya, ternyata ada tipe orang yang lebih membutuhkan asuransi. Bahkan, tipe orang tersebut akan mengalami kerugian lebih besar bila tidak melindungi diri dan keluarga dengan asuransi.

Mau tahu tipe orang seperti apa yang masuk dalam kategori ini? Jangan-jangan Anda salah satu di antaranya.

Sudah punya keluarga sendiri

Anda sudah membangun keluarga sendiri? Tidak ada alasan untuk tidak melindungi anggota keluarga dengan asuransi. Sedikitnya, Anda butuh asuransi kesehatan untuk melindungi diri sendiri, istri dan anak dari risiko finansial yang timbul akibat sakit. Jangan sepelekan biaya kesehatan karena nilainya semakin lama semakin tinggi. Bila tidak, tabungan yang sudah Anda siapkan untuk pensiun bisa habis hanya untuk biaya berobat keluarga.

(Baca juga: Tips Memanfaatkan Kartu Kredit Agar Tidak Boros)

Pencari nafkah

Bila Anda dan pasangan sama-sama bekerja, risiko finansial yang bisa saja terjadi bila terjadi PHK akan lebih rendah. Setidaknya, Anda atau pasangan masih bisa menghasilkan. Beda halnya jika pencari nafkah dalam keluarga hanya Anda seseorang. Bila Anda adalah tipe pencari nafkah tunggal, artinya Anda adalah tulang punggung keluarga.

Bila Anda tidak bisa lagi menghasilkan uang, bisa-bisa nasib keluarga terancam bahaya. Untuk tipe orang seperti ini, Anda harus melindungi diri dengan asuransi jiwa. Produk asuransi satu ini akan memberikan perlindungan bila kepala keluarga atau pencari nafkah mengalami kehilangan kemampuan untuk menghasilkan uang.

Sedang kredit rumah

Orang yang sedang memiliki pinjaman dalam jumlah besar seperti kredit rumah merupakan tipe orang yang sangat membutuhkan perlindungan asuransi. Sebab, rumah yang ditempati oleh anak dan pasangan kita mungkin baru bisa dilunasi beberapa tahun ke depan. Jangan sampai ketika kita kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah rumah tersebut disita oleh bank karena tidak mampu membayar cicilan. Oleh karena itu, lindungi diri Anda dengan asuransi jiwa.

Risiko pekerjaan tinggi

Ada jenis-jenis pekerjaan tertentu yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan pekerjaan lain. Untuk itu, perlindungan yang dimiliki tipe orang seperti ini juga harus lebih ekstra. Contoh pekerjaan tersebut di antaranya pekerja tambang, pilot pesawat terbang atau nahkoda kapal. Kebutuhan akan asuransi jiwa akan lebih tinggi jika Anda yang menjalani profesi ini sudah berkeluarga.

(Baca juga: 5 Orang Kaya Asli Indonesia yang Punya Pulau Pribadi)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section