1. HOME
  2. SHOW-BIZ
HOLLYWOOD

Leonardo DiCaprio Kunjungi Wilayah Konservasi Gajah di Aceh

Wilayah konservasi atau Ekosistem Leuser yang terletak di Sumatera itu adalah sisa habitat terbaik di dunia.

By Stella Maris 29 Maret 2016 14:13
Leonardo DiCaprio (behindenergy.com)

Money.id - Aktor yang baru saja meraih Piala Oscar sebagai aktor terbaik, Leonardo DiCaprio, mengunjungi salah satu wilayah konservasi paling penting di dunia yang terletak di Aceh. Leonardo menilai, ekosistem tersebut wajib dijaga agar tak punah.

Dalam kunjungan tersebut, Leonardo ditemani beberapa anggota dari Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (HAKA). Dikutip dari akun Instagramnya, Selasa 29 Maret 2016, Leonardo mengatakan bahwa wilayah konservasi atau Ekosistem Leuser yang terletak di Sumatera itu adalah sisa habitat terbaik di dunia, terutama untuk gajah.

"Hutan ini merupakan jalur migrasi gajah 'purba'. Namun ekspansi perkebunan kelapa sawit, memecah belah hutan dan memotong koridor utama migrasi," tulis Leonardo di akunnya.

Tindakan sejumlah pihak yang berkepentingan dinilai pria berusia 41 tahun itu, sebagai ancaman bagi ekosistem. "Jadi sulit bagi keluarga gajah untuk menemukan sumber makanan dan air yang cukup."

 

Miliaran Buat Indonesia
Leonardo DiCaprio Foundation (LDF) adalah yayasan milik Leonardo DiCaprio yang didirikan sejak 1998, dengan misi melindungi dan mengembalikan keseimbangan ekosistem yang terancam di dunia. Salah satu yang menjadi sasarannya adalah Ekosistem Leuser di Sumatera.

"Dalam upaya melindungi hutan hujan yang tersisa di Pulau Sumatera, Indonesia, kami memberikan dana untuk melestarikan 6,5 juta hektar lahan yang rusak," kata Leonardo seperti dikutip dalam Leonardodicaprio.org.

Demi melindungi Ekosistem Leuser di Sumatera, Indonesia, dikutip laman Mongabay, aktor Hollywood itu menghibahkan dana sebesar Rp43 miliar dan diserahkan kepada Rainforest Action Network and HAKA.

"LDF mendukung mitra lokal membangun tempat perlindungan mega-fauna di kawasan Ekosistem Leuser. Tempat terakhir di bumi di mana orangutan Sumatera, harimau, badak, dan gajah hidup berdampingan di alam liar," tulis lawan main Kate Winslet di Film Titanic itu.

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section