1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Catat! Ini Cara Cegah Mobil Agar Tidak Cepat Berkarat

Ada dua cara untuk mencegah mobil berkarat, cara melakukannya sangat gampang.

By Rohimat Nurbaya 10 Maret 2016 13:10
Ilustrasi mobil berkarat (toyotaoforlando.com)

Money.id - Air hujan bisa berdampak buruk pada kendaraan, salah satunya membuat mobil berkarat. Karat bisa muncul di mana saja, terutama di bagian sering terkena air bercampur lumpur.

Dikutip dari laman Toyota Astra, untuk mencegah timbulnya karat pada beberapa bagian mobil, bisa melakukan cara-cara berikut.

Pertama, segera mencuci mobil atau cukup mengelap setelah digunakan dalam kondisi hujan. Usahakan untuk menggunakan sampo khusus mobil dengan tingkat pH atau derajat keasaman rendah, lalu bilas dengan bersih.

Setelah itu, keringkan dengan lap atau kain mikrofiber, jangan lupa untuk membersihkan bagian kolong mobil. Pastikan tidak ada kotoran tertinggal dan jangan sekali-kali menunda mencuci mobil setelah digunakan dalam kondisi hujan.

Kedua, bila ada goresan, segera tutup cat mengelupas atau penyok pada bodi mobil. Pasalnya, goresan tersebut bisa menjadi awal terjadinya karat dan malah akan semakin membesar.

Cara menutupnya hanya perlu menggunakan cat khusus yang biasanya dijual di toko cat mobil. Oleskan pada bagian luka mobil dan pastikan semuanya tertutup. Kegiatan ini setidaknya dilakukan sebelum musim hujan turun sehingga mobil sudah siap digunakan ketika hujan.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section