1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Ini Cara Mengetahui Mobil Bekas Terendam Banjir

Ada tiga hal harus diperhatikan dan bisa dilihat secara kasat mata.

By Rohimat Nurbaya 8 Maret 2016 17:35
Ilustrasi mobil bekas banjir (www.autoblog.com)

Money.id - Musim hujan jadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Pasalnya banjir bisa berdampak buruk terhadap beberapa hal, termasuk kendaraan. Ketika pernah terendam banjir performa kendaraan pasti berkurang, terutama mesin.

Akibatnya, karena tidak mau ambil pusing, setelah mobil terkena banjir banyak pemilik memutuskan menjual kendaraannya. Sebab, biasanya ada beberapa kerusakan berat sulit diatasi.

Dikutip laman Toyota Astra, berikut beberapa tips ketika berniat membeli mobil bekas dan tidak ingin dapat bekas banjir.

Pertama, harus diperhatikan adalah memilih domisili kendaraan. Identifikasi awal ini bisa memberikan informasi mengenai asal mobil yang diinginkan.

Bila alamat yang tertera pada STNK atau alamat pemilik sebelumnya merupakan salah satu daerah rawan banjir, bisa mempertimbangkan ulang untuk membeli kendaraan tersebut.

Kedua, disarankan tidak langsung tertarik dengan harga murah yang ditawarkan penjual mobkas tersebut.

Harga yang murah ini bisa menjadi indikasi akan ketidakberesan pada mobil, apalagi jika harga ditawarkan jauh lebih murah dari harga pasaran mobil bekas pada umumnya.

Meski tawaran harga ini cukup menarik, belum tentu mobil yang dijual masih dalam kondisi prima.

Ketiga, agar terhindari dari mobil bekas banjir dengan memeriksa detail interior kendaraan. Apabila secara kasat mata tidak ada ciri-ciri khusus yang membedakan mobil bekas banjir, boleh dipertimbangkan untuk membelinya.

Bila diperhatikan, biasanya ada beberapa komponen luput dari tangan-tangan terampil mekanik. Cermatilah bekas garis-garis bekas air atau endapan lumpur hingga uap air.

Kemudian dari luar, secara kasat mata bisa dilihat lampu-lampu yang biasanya terkena sisa-sisa uap air.

Perhatikan juga bagian batok lampu depan dan belakang, bila masih dalam kondisi bagus dan tidak pecah namun terlihat mengembun maka patut untuk dicurigai. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section