1. HOME
    2. OTOTALK
MONEY TUESDAY

Valo Car Care, Waralaba Cuci Mobil dengan Modal Rp75 Juta

Dengan Rp75 tersebut, paling cepat dalam waktu 4-6 bulan sudah balik modal.

By Rohimat Nurbaya 8 Maret 2016 18:30
Pendiri Valo Car care, Elihu Nugroho (Rohimat Nurbaya/Money.id)

Money.id - Waralaba atau franchise saat ini sedang tren di beberapa negara termasuk Indonesia. Pola bisnis kemitraan seperti itu lebih disukai, pasalnya dianggap lebih lebih aman, dan didampingi pewaralaba.

Ternyata tidak hanya bidang ritel dan kuliner saja yang banyak diwaralabakan namun industri otomotif juga, misalnya walaba cuci mobil tanpa air Valo Car Care. Hanya dengan modal mulai dari Rp75 ribu sudah bisa memulai bisnis tersebut.

Elihu Nugroho, pendiri waralaba Valo Car Care mengatakan dengan modal Rp75 juta tersebut, pihaknya akan memberikan produk pembersih mobil beserta perlengkapannya.

Kemudian diberikan juga pelatihan bagi orang yang mengeluti bisnis cuci mobil tanpa air tersebut.

"Jadi ketika ada yang minat bermitra, kami berikan satu paket produk Valo ini bisa untuk mencuci sekitar 1.400 mobil," ucap Elihu kepada Money.id beberapa waktu lalu.

Pekerja Valo Car Care (Rohimat Nurbaya/Money.id)

Elihu mengatakan, dengan kalkulasi yang sudah dihitung secara matang, modal Rp75 juta tersebut bisa menghasilkan Rp180 juta. Namun dia tidak bisa menentukan berapa lama modal itu akan kembali, pasalnya konsumen di tiap daerah berbeda-beda.

"Kalau itu tergantung ramai atau tidaknya tempat cuci mobil itu," tuturnya.

Elihu menganalogikan, misalnya tempat cuci yang menjadi mitranya bisa mencuci 10 mobil per hari, modal akan balik dalam 140 hari atau sekitar 4,6 bulan atau paling lama selama enam bulan.

"Jadi kalau produk yang saya berikan itu habis nantinya akan jadi Rp180 juta lebih," ucapnya.

Elihu menuturkan, dengan modal Rp75 juta tersebut orang yang menjadi mitra Valo Car Care tidak hanya mendapatkan cairan pembersih mobil saja, namun akan mendapatkan fasilitas lain seperti seragam, tas, brosur, kartu member dan lainnya.

Jadi mitra yang hendak kerjasama dengan Valo Car Care hanya tinggal menyediakan orang, tempat lalu menjalankan bisnis tersebut. Bahkan menurutnya, bisa saja bisnis itu dilakukan dengan konsep mencuci mobil dari rumah ke rumah.

"Ini kan tidak perlu air, kita datang ke tempat parkir, atau datang ke rumah konsumen langsung sangat mudah," jelasnya.

NEXT>>> Cara Bermitra Valo Car Care

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section