1. HOME
  2. OTOTALK
MOTOGP

5 Ritual Aneh Valentino Rossi Sebelum Membalap

Valentino Rossi memiliki ritual unik yang selalu dilakukan sebelum dan sesudah membalap.

By Nur Chandra Laksana 11 November 2015 16:35
Valentino Rossi (Foto: cpuhunter)

Money.id - Valentino Rossi gagal merebut gelar juara dunia MotoGP 2015. Pebalap asal Italia itu kalah bersaing dengan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, yang akhirnya menjadi pebalap terbaik.

Selama karirnya, pebalap yang memiliki julukan The Doctor itu sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia. Enam gelar berasal dari ajang MotoGP.

Jika berbicara tentang Rossi, ternyata dia memiliki ritual unik yang selalu dilakukan sebelum dan sesudah membalap. Hal ini dilakukan sejak membalap di kelas 125 cc.

Penasaran apa saja ritualnya? Mari kita simak berikut ini:

1. Memegangi sepatu boots
Kegiatan ini selalu dilakukan saat Rossi keluar dari garasi. VR46 akan langsung berhenti di depan pintu untuk membungkuk dan meraih ujung kaki dengan tangannya.

Hal ini dilakukan Rossi dengan alasan untuk melenturkan baju balap yang dipakainya agar nyaman dipakai selama balapan.
 
2. Jongkok di depan motor
Ritual selanjutnya yang sering dilakukan Rossi adalah berjongkok di sebelah motornya. Dia akan berjalan mendekati motor, pada jarak 2 meter dia berhenti dan berjongkok sambil memeluk kakinya dan menundukkan kepala. Tak lupa juga dia akan memegang foot peg motornya selama 10-20 detik.

"Momen ini saya lakukan untuk mendapatkan fokus dan waktu untuk saya berbicara degan motor saya," jelas Rossi.

3. Mengembalikan peralatan di tempat awal
Ritual ini adalah satu–satunya yang selalu dilakukan Rossi setelah balapan. Dia akan menempatkan seluruh peralatannya yang telah dipakai ke tempat awal.

Bahkan, urutan baju balap, handuk, sampai botol air pun dia letakkan persis di tempat yang sama saat sebelum dia gunakan.

4. Membetulkan wearpack sebelum race
Ini adalah salah satu hal yang selalu Rossi lakukan yang sering tertangkap oleh kamera dan dilihat oleh jutaan penonton MotoGP. Rossi selalu terlihat membetulkan bagian belakang wearpacknya.

Hal ini dilakukan untuk membuat wearpack bagian bokongnya terasa nyaman saat dia balapan.

5. Menempel stiker motor di malam hari sebelum race
Kebiasaan ini adalah bawaan Rossi sejak kecil. Malam sebelum berlaga di ajang balap MotoGP, Rossi seringkali menempel dan mengecek sendiri stiker yang ada di motornya.

Dia akan memastikan semua stiker dipasang di posisi yang dia inginkan. Hanya Rossi satu–satunya pebalap MotoGP yang melakukan kegiatan ini.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(aa/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section