1. HOME
  2. NEWS
NEWS

73 Tahun Hilang, Kapal Selam Ini Ditemukan Bersama Puluhan Awaknya

Kapal tersebut ditemukan di lepas pantai Sardinia, Italia.

By Rizki Astuti 28 Mei 2016 14:05
Ilustrasi Kapal Selam

Money.id - Sebuah kapal selam Inggris Royal Navy HMS P 311 dengan 71 jasad awaknya, yang terlibat dalam misi Perang Dunia II, telah ditemukan setelah 73 tahun menghilang. Kapal tersebut ditemukan di lepas pantai Sardinia, Italia.

Lokasi karamnya kapal selam tersebut ditemukan tim penyelam yang dipimpin oleh pemburu kapal karam Massimo Domenico Bordone, yang berbasis di Genoa pada hari Minggu pekan lalu.

Seperti yang dikutp dari Mirror, Sabtu 28 Mei 2016, kapal seberat 1.290 ton itu ditemukan di kedalaman 100 meter, dekat dengan Pulau Tavolara, di timur laut lepas pantai Sardinia.

Kapal Inggris
© 2016 money.id/mirror.co.uk

Bordone mengatakan, dia telah menemukan kapal itu ketika melihat bayangan dari kerangka sepanjang 84 meter, saat menyelam di kedalaman 80 meter.

"Saya segera berpikir tentang nasib orang-orang yang menemui kematian mereka di sini," katanya.

Kapal selam itu meninggalkan markasnya pada pada 30 Desember 1941 saat akan menjalani misi menghancurkan dua kapal perang Italia di La Maddalena.

Namun sejak 8 Januari 1942, kapal selam tersebut seolah menghilang bersama 71 awak di dalamnya. Inggris yakin kapal itu terkena ranjau saat melintas Selat Bonifacio.

"Sepertinya kapal itu tenggelam dengan udara kosong di dalamnya, yang menyebabkan awak kapal akhirnya meninggal karena kekurangan oksigen," kata Bordone.

Kapal Selam Royal Navy tersebut kabarnya, tidak akan dipindahkan atau diangkat dari tempat peristirahatan terakhirnya.

"Kapal itu akan selalu dikenang sebagai kuburan perang untuk menghormati kepahlawanan para awaknya."

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section