1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Rempah-rempah Tradisional Ini Memelihara Kesehatan Jantung

Rempah tradisional dapat mencegah tubuh dari serangan penyakit jantung koroner (PJK).

By Azalia Amadea 6 April 2016 10:57
Ilustrasi rempah-rempah tradisional (Foto: livestrong.com)

Money.id - Gaya hidup masyarakat kota yang padat terkadang membuat mereka melupakan kesehatan. Tingkat stres yang tinggi membuat mereka mudah terserang penyakit jantung koroner (PJK).

Mereka juga sering mengabaikan menu-menu yang akan dimakan. Seringnya mereka mengonsumsi makanan cepat saji yang hanya mengenyangkan namun tidak berefek baik bagi kesehatan.

Gaya hidup yang seperti itu dapat membuat mereka mudah terserang penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol. Maka menjadi penting untuk kita selalu memelihara kesehatan terutama kesehatan jantung.

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, namun meminimalkan resiko terkena suatu penyakit juga tak kalah penting. Olahraga teratur, meditas, yoga dan makan makanan sehat dapat membantu Anda memelihara kesehatan jantung.

Dilansir dalam laman boldsky.com Rabu 6 April 2016, berikut rempah-rempah tradisional yang dapat dijadikan sebagai obat herbal baik untuk kesehatan tubuh dan jantung.

Kayu Manis
Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat unggul di Indonesia. Kayu manis juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Selain itu, kayu manis ini juga dapat menurunkan kolesterol, mengontrol gula dalam darah dan mengurangi tekanan darah.

Ketumbar
Ketumbar sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak jaman dulu yang dapat mengurangi atau menurunkan tingkat kolesterol. Rempah yang termasuk dalam keluarga biji-bijian ini sudah banyak dijadikan sebagai obat tradisional di Timur Tengah, Mediterania dan Asia.

Biji Adas
Biji adas dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol sehat dalam aliran darah, sehingga mencegah terserangnya penyakit jantung. Rempah satu ini juga menambah sentuhan rasa dan aroma dalam masakan.

Jahe
Si pedas satu ini memiliki kandungan enzim aktif yang dapat menghilangkan kolesterol jahat dalam darah. Jahe juga dapat mencegah pembekuan darah. Disarankan untuk selalu gunakan jahe segar karena tinggi akan kandungan gingerol.

Kunyit
Rempah berwarna kuning ini dapat mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah, mencegah serangan penyakit jantung dan stroke. Kunyit juga menjadi sumber vitamin B6 dan homosistein yang dapat merusak dinding pembuluh darah penyebab besar penyakit jantung koroner.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section