1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Hati-hati, 5 Jenis Makan Siang Ini Penyebab Timbulnya Gas di Perut

Hindari 5 jenis makanan ini dari menu makan siang Anda agar perut dipenuhi gas.

By Azalia Amadea 20 April 2016 15:25
Ilustrasi sakit maag (urgentfl.com)

Money.id -  Timbulnya gas di perut dapat disebabkan oleh berbagai makanan yang telah dikonsumsi. Beberapa jenis makanan dapat memicu timbulnya gas di perut yang akan menyebabkan kembung dan maag .

Sangat penting untuk Anda ketahui makanan mana saja yang dapat memicu timbulnya gas di perut. Dilansir dalam laman boldsky.com Rabu 20 April 2016 berikut 5 jenis makanan yang jika Anda makan pada siang hari dapat memicu timbulnya gas di perut.

1. Buncis
Buncis dan kacang panjang mengandung oligosakarida sejenis molekul gula yang sulit dicerna. Oligosakarida dapat dipecah dengan merendam sayur tersebut semalaman sebelum dimakan. Jika Anda tidak ada waktu untuk merendamnya terlebih dahulu sebaiknya Anda hindari memakan kedua jenis sayur tersebut di siang hari.

2.Kacang polong
Sama halnya dengan kedua jenis sayuran kacang-kacangan di atas, kacang polong juga mengandung oligosakarida. Kacang polong juga sulit dicerna dan memicu timbulnya gas berlebih. Menghindari jenis makanan ini dapat membuat perut Anda terselamatkan dari ketidaknyamanan akibat gas.

3. Kubis
Kubis atau kol adalah jenis sayuran lain yang dapat memicu timbulnya gas di perut. Hindari mengonsumsi kubis pada siang hari agar Anda terhindar dari gas penyebab kembung dan maag.

4. Gandum
Gandum mengandung protein yang dikenal sebagai gluten. Gandum sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet. Namun jika Anda memakan makanan berbahan gandum di siang hari dapat memicu timbulnya gas di perut.

5. Kentang
Kentang adalah makanan yang difavoritkan banyak orang. Namun ketahuilah bahwa memakan kentang di siang hari dapat memicu timbulnya gas. Zat tepung yang terkandung dalam kentang dapat menghasilkan gas berlebih dalam lambung. Hal tersebut dapat menyebabkan kembung dan maag. Hindari memakan kentang pada siang hari jika Anda tidak ingin merasakan sakit maag dan kembung.

Kelima jenis makanan tersebut sebaiknya Anda hindari dalam pemilihan menu makan siang. Jika perut sudah terserang kembung atau maag hal tersebut dapat mengganggu Anda menjalankan aktivitas seharian. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section